Daftar Panglima TNI di Era Reformasi: dari Widodo AS hingga Hadi Tjahjanto

Senin, 01 November 2021 - 17:32 WIB
Laksamana TNI Widodo Adi Sutjipto menjabat Panglima TNI periode 26 Oktober 1999 sampai 7 Juni 2002, sementara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjadi Panglima TNI sejak 8 Desember 2017 hingga saat ini. FOTO-FOTO/WIKIPEDIA
JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada akhir November 2021 nanti. Belum diketahui pasti siapa yang akan menggantikan Hadi Tjahjanto memimpin Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Pimpinan DPR RI saat ini masih menunggu surat presiden (surpres) pencalonan Panglima TNI dari Presiden Jokowi. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada 10 Oktober 2021 lalu memastikan bahwa Surpres Pencalonan Panglima TNI akan dikirim bulan depan. Itu artinya November 2021.

"Targetnya bulan depan jelas, memang harus diajukan bulan depan kemudian disidangkan DPR diputuskan DPR bulan depan," kata Pratikno kepada wartawan.

Baca juga: Pimpinan DPR Dapat Kabar Istana Kirim Surpres Calon Panglima TNI Hari Ini





Menurut pengertian yang terdapat dalam UU No 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, Panglima TNI adalah perwira tinggi militer yang bertugas memimpin TNI. Di pundaknya terdapat tanggung jawab penggunaan kekuatan TNI.

Di Era Reformasi, Indonesia telah 8 kali berganti Panglima TNI, mulai dari Laksamana TNI Widodo AS di 1999 hingga Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang menjabat sejak 2017 hingga saat ini.

Berikut ini daftar Panglima TNI di Era Reformasi:

1. Laksamana TNI Widodo Adi Sutjipto (TNI Angkatan Laut)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :