Profil 4 Tokoh yang Mendapat Gelar Pahlawan Nasional 2021

Minggu, 31 Oktober 2021 - 17:06 WIB
Empat tokoh yang dianugerahi Pahlawan Nasional 2021. Masing-masing Tombolotutu, Sultan Aji Muhammad Idris, Haji Usmar Ismail, dan Raden Arya Wangsakara. FOTO/IST
JAKARTA - Presiden Jokowi akan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada empat tokoh pada 10 November 2021 di Istana Bogor, Jawa Barat. Pemberian gelar itu telah ditetapkan melalui Keputusan Presiden nomor 109/TK/2021 tentang Penganugerahan Pahlawan Nasional.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mengatakan, empat tokoh yang akan dianugerahi gelar Pahlawan Nasional itu adalah Tombolotutu dari Sulawesi Tengah, Sultan Aji Muhammad Idris dari Kalimantan Timur, Sutradara film Aji Usmar Ismail dari DKI Jakarta, Raden Ayra Wangsakara dari Banten,

"Gelar pahlawan nasional nanti akan diserahkan secara resmi kepada keluarga para almarhum di Istana Bogor. Kalau tidak berubah, persis pada hari Pahlawan 10 November," kata Mahfud selaku Ketua Dewan Gelar dan Tanda Kehormatan (DGTK) di Aula Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (28/10/2021).

Baca juga: Jokowi Beri Gelar Pahlawan Nasional 4 Tokoh Provinsi, Ini Daftarnya





Berikut ini profil 4 tokoh yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada 10 November 2021 mendatang:

1. Tombolotutu, Provinsi Sulawesi Tengah



Sejak 1990-an, upaya untuk menjadikan Tombolotutu sebagai Pahlawan Nasional asal Sulawesi Tengah sudah dilakukan. Tidak hanya di kalangan peneliti dan orang terkemuka, harapan untuk menjadikan Tombolotutu sebagai Pahlawan Nasional juga banyak disuarakan oleh kalangan masyarakat. Namun, adanya hambatan berupa kurangnya data berupa dokumen resmi mengenai dirinya menjadikan niat tersebut tertunda.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More