Cara Puan Dongkrak Elektabilitas, Aktif Hadiri Acara Internasional hingga Tempel Jokowi

Kamis, 07 Oktober 2021 - 02:50 WIB
Ketua DPR Puan Maharani aktif mengikuti acara internasional dan mendampingi Presiden Jokowi kunker ke daerah dalam beberapa waktu terakhir. FOTO/DOK.SINDOnews
JAKARTA - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno memberikan respons positif terhadap strategi Ketua DPR RI Puan Maharani yang menempel Presiden Jokowi di sejumlah agenda kunjungan kerja di daerah. Cara tersebut dinilai efektif mendongkrak elektabilitas Puan, yang saat ini masih tertinggal dibanding tokoh lain yang masuk bursa capres-cawapres 2024.

"Intinya Puan sudah mulai melakukan kerja politik menuju jalan panjang 2024. Selama ini Puan terlihat menunggu bola, sekarang banyak jemput bola, agresif melakukan kerja dan kunjungan politik ke mana pun, baik di dalam maupun luar negeri," kata Adi Prayitno saat berbincang di Jakarta, Rabu (6/10/2021).

Puan Maharani dijadwalkan menghadiri Seventh Group of 20 Parliamentary Speakers’ Summit di Roma, Italia pada 7-8 Oktober 2021. Pertemuan parlemen negara-negara G20 itu diikuti sebagai persiapan Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Parlemen Negara G20 (P20) pada 2022 mendatang.

Baca juga: Puan Maharani Akan Hadiri Forum Parlemen G20 di Roma





Sebelumnya, Puan juga melakukan kunjungan kerja ke Wina, Austria pada 6-9 September 2021. Kunjungan tersebut dalam rangka memimpin delegasi Parlemen Indonesia menghadiri rangkaian kegiatan 5th World Conference of Speaker Parliament (WCSP).

Bersama 4 ketua parlemen negara lain, Puan memimpin jalannya forum yang bertema Women at The Centre: From Confronting The Pandemic to Preserving Achievement in Gender responsive Recovery.

Selain kunker ke luar negeri, Puan dalam sebulan terakhir selalu mengikuti kunjungan kerja Presiden Jokowi. Sepanjang akhir pekan kemarin misalnya, Puan menemani Jokowi keliling Papua. Mulai dari membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat dan pelajar. Lalu meresmikan Rumah Sakit Jenderal TNI LB Moerdani, Distrik Margamulya, Kabupaten Merauke.

Aksi Puan mengikuti kunker Jokowi ini sebenarnya bukan pertama. Pertengahan bulan lalu, Puan juga ikut mendampingi Jokowi saat meresmikan pabrik baja di Cilegon dan meninjau vaksinasi di Tangerang. Jauh sebelumnya, Puan pernah menemani panen padi di Malang, Jawa Timur.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More