Arti Pancasila bagi Bangsa Indonesia

Rabu, 22 September 2021 - 05:41 WIB
Arti Pancasila bagi Bangsa Indonesia amat penting. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
JAKARTA - Arti Pancasila bagi Bangsa Indonesia amat penting. Ya, nilai-nilai Pancasila yang merupakan dasar negara Indonesia ini meliputi berbagai aspek kehidupan dan masih tetap dipelihara hingga kini.

Agar tercipta suasana yang tenang, sejahtera, damai, dan aman, nilai-nilai Pancasila sangat perlu dikembangkan dalam kehidupan sosial budaya. Melansir dari buku tematik terpadu kurikulum 2013 siswa kelas V SD/MI, berikut arti Pancasila bagi bangsa Indonesia:

Ketuhanan Yang Maha Esa

Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan keyakinan yang dianutnya. Nilai yang terkandung dalam sila ini juga mengharuskan kita untuk saling menghormati dan bekerja sama antarpenduduk yang berbeda-beda. Kita tidak boleh memaksakan suatu agama dan kepercayaan kepada orang lain, kita harus saling menghormati kebebasan dalam menjalankan ibadah.

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab



Setiap warga negara hendaklah mengakui persamaan derajat, persamaan kewajiban antara sesama manusia sebagai asas kebersamaan bangsa Indonesia dan persamaan hak. Dengan menjunjung tinggi persamaan derajat, hak, dan kewajiban, maka seluruh bangsa Indonesia bersama-sama akan mampu menegakkan dan juga memelihara kebersamaan. Penerapan nilai ini dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan mengembangkan rasa saling mencintai sesama manusia, sikap tenggang rasa, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, gemar melakukan kegiatan kemanusiaan serta berani menegakkan kebenaran dan keadilan.

Persatuan Indonesia

Makna dan nilai yang terkandung dalam sila ini adalah menjaga persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia. Dengan menerapkan sikap cinta tanah air, rela berkorban demi bangsa dan negara serta memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More