BPIP Nilai Desa sebagai Masa Depan Indonesia

Rabu, 15 September 2021 - 20:16 WIB


Dia menegaskan, tren perbaikan di level desa yang saat ini terjadi, akan mengubah cara pandang masyarakat. Tren perbaikan desa akan membuat publik melihat jika masa depan kehidupan berkualitas itu ada di desa, bukan lagi di kota. Perubahan cara pandang ini bukan sesuatu yang tidak mungkin karena dalam sejarahnya, desa pernah menjadi pusat perlawanan gerilya terhadap kekuatan militer kolonial.

"Imajinasi desa sebagai ruang yang damai dan penuh gotong royong seharusnya tidak dimaknai sebagai romantisasi sejarah saja, melainkan sebagai spirit dan cita-cita bersama sebagai bangsa untuk menjadi masyarakat yang menjunjung tinggi gotong-royong," ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar juga terus berikhtiar menguatkan desa-desa menjadi harapan masa depan Indonesia. "Seperti yang disampaikan oleh Prof Yudian tadi, kita tidak lagi menempatkan desa sebagai masa lalu, justru sebaliknya kita harus menempatkan desa menjadi masa depan," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya selalu mengembangkan istilah ruralisasi atau kembali desa. Menurutnya, dari berbagai kondisi yang dihadapi oleh bangsa dan negara benteng teraman, terbaik dan terkuat adalah desa.

"Termasuk hari ini ketika bicara tentang kondisi pandemik yang melanda dunia, ternyata Desa memiliki daya tahan yang luar biasa bukan hanya urusan kesehatan, bahkan urusan ekonomi pun seluruh sektor mengalami pertumbuhan minus kecuali pertanian dan semua tahu bicara pertanian adalah kehidupan di desa," kata Gus Halim.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More