Daftar Pesawat Tempur Indonesia Enggak Main-main, Ini Spesifikasinya

Sabtu, 11 September 2021 - 06:26 WIB
Daftar pesawat tempur Indonesia, salah satunya pesawat tempur jenis EMB-314 Super Tucano. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Daftar pesawat tempur Indonesia menarik untuk diketahui. Pesawat-pesawat ini rutin menjaga wilayah Nusantara yang begitu luas dan terdiri dari ribuan pulau.



Beberapa pesawat tempur yang mumpuni sudah dimiliki Indonesia. Seperti dikutip SINDOnews dari tni-au mil id, ada lima pesawat tempur yang dimiliki Tentara Nasional Indonesia (TNI).

1. Pesawat tempur jenis EMB-314 Super Tucano





EMB-314 Super Tucano sebenarnya pesawat latih lanjut yang berkemampuan COIN (Counter Insurgency) atau pesawat anti perang gerilya. Dari desainnya, pesawat ini sangat pas untuk mendukung misi-misi pengintaian, close air support, dan penumpasan pemberontak.



Sistem senjata internal mutlak hadir di EMB-314 Super Tucano. Elemen organiknya adalah dua buah SMB atau senapan mesin berat dengan kaliber 12,7mm jenis FN Herstal M3P yang ditempatkan di setiap sayapnya.

Koleksi senjata yang bisa dibawa bom jenis MK-81/MK-82, bom cluster, rocket pod FFAR, dan rudal berpemandu laser, sekelas Maverick. Untuk menghadapi duel di udara, EMB-314 Super Tucano juga dapat membawa rudal anti pesawat jenis AIM-9L Sidewinder atau MAA-A1 Piranha.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More