Kasus Pinangki, MAKI Nilai Reformasi di Kejagung Masih Jauh dari Optimal

Rabu, 25 Agustus 2021 - 16:35 WIB
Seharusnya, kata Boyamin, Kejagung menjawab survei itu dengan kinerja. "Enggak usah membuat meme-meme begitu, malah lucu jadinya. Tugas Kejagung kan bukan buat bikin meme," sindir Boyamin.

Selain soal aspek kepercayaan, survei SMRC juga mengungkapkan penilaian warga pada aspek persepsi bahwa jaksa bersih dari praktik suap yang cenderung negatif dengan 59% warga tidak setuju. Kemudian pengawasan internal berjalan baik membukukan 45% ketidaksetujuan warga dan independensi jaksa yang ternyata tidak disetujui oleh 49% warga.

Survei SMRC juga mengungkap ketidakpercayaan warga terhadap proses penyitaan aset dalam kasus Asabri dan Jiwasraya. Ada sekitar 29% warga yang tahu tentang kasus Asabri dan mayoritas di antara mereka atau 56% tidak yakin proses penyitaan aset dalam kasus tersebut sudah berjalan dengan baik.

Begitu pula dengan kasus Jiwasraya, dari 29% warga yang tahu kasus Jiwasraya, mayoritas atau 60% tidak yakin proses penyitaan aset dalam kasus Jiwasraya sudah berjalan dengan baik.

Sementara itu sikap warga cukup terbelah terhadap pengelolaan aset sitaan dalam survei SMRC ini. Ada sekitar 39% warga yang sangat/cukup percaya bahwa pengelolaan aset atau harta sitaan oleh Kejagung sudah dilakukan secara transparan dan ada 40% yang kurang/tidak percaya. Sisanya, sekitar 20% tidak dapat memberikan penilaian.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(kri)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More