Stok Plasma Konvalesen Menipis, Penyintas Covid-19 Diajak Jadi Pendonor

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 20:17 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar saat meninjau lokasi donor darah GP NasDem DKI, Jumat (13/8/2021). FOTO/IST
JAKARTA - Indonesia masih berjuang mengatasi pandemi Covid-19, mulai dari pengobatan pasien terpapar hingga vaksinasi. Salah satu pengobatan yang dilakukan untuk pasien Covid-19 adalah dengan terapi plasma konvalesen .

Begitu besar manfaat dari plasma konvalesen ini bagi pasien Covid-19, di antaranya berperan menurunkan jumlah virus dalam tubuh hingga menjaga sel tetap utuh guna mencegah organ hati, ginjal, paru, dan jantung mengalami kerusakan.

Karenanya, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Garda Pemuda (DPP GP) NasDem Prananda Surya Paloh, menginstruksikan kepada seluruh kader GP NasDem di Indonesia agar menggelar aksi donor darah dan donor plasma konvalesen.

Baca juga: Korps Marinir TNI AL Gelar Donor Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19





Gerakan sosial GP NasDem yang kemudian bernama Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Plasma (PSP Berderma) ini telah dimulai sejak 17 Juli 2021 lalu, dan dijadwalkan berlangsung hingga 18 Agustus 2021.

Menurut Prananda, kebutuhan plasma konvalesen di Indonesia sangat tinggi karena masyarakat yang terpapar dan meninggal akibat Covid-19 juga masih tinggi. Anggota Komisi I DPR itu pun mengajak kader GP NasDem dan pemuda lainnya yang pernah terpapar Covid-19 dan sembuh agar membantu menyelamatkan nyawa orang lain dengan mendonorkan darah maupun plasma konvalesennya.

"Kader Garda Pemuda NasDem khususnya harus menjadi garda terdepan dan menjadi ujung tombak partai dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat," ujar Prananda dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/8/2021).

Baca juga: Bersinergi Masifkan Gerakan Sedekah Donor Plasma Konvalesen
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :