Korps Marinir TNI AL Gelar Donor Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19

Kamis, 12 Agustus 2021 - 22:11 WIB
loading...
Korps Marinir TNI AL Gelar Donor Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19
Korps Marinir TNI AL menggelar kegiatan donor plasma konvalesen dan donor darah secara serentak di Balai Prajurit Mako Lanmar Surabaya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Korps Marinir TNI Angkatan Laut (AL) menggelar kegiatan donor plasma konvalesen dan donor darah secara serentak di Balai Prajurit Mako Lanmar Surabaya, Jalan Opak No.9, Surabaya, Kamis (12/8/2021).

Acara yang diselenggarakan oleh Pangkalan Korps Marinir (Lanmar) Surabaya ini merupakan tindaklanjut dari perintah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, melalui Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono guna membantu pasien yang terpapar Covid-19. Baca juga: Usai Divaksin, Masyarakat Pulau Tidung Diajak Naik Sea Rider Denjaka

Kegiatan donor darah dan plasma konvalesen ini merupakan kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Bangil Pasuruan. Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, kegiatan yang diikuti 81 personel Lanmar Surabaya dengan rincian, donor darah sebanyak 63 orang dan donor plasma convalescent 18 orang ini disaksikan langsung KSAL melalui video conference.

”Donor darah plasma konvalesen, merupakan plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh dan diproses sebelum diberikan kepada pasien atau penderita. Donor plasma konvalesen adalah donor darah dari penyintas Covid-19 untuk membantu pasien atau pederita lain yang belum sembuh dari Covid-19. Sehingga dengan adanya donor plasma konvalesen ini, Korps Marinir TNI AL berharap dapat menyelamatkan jiwa manusia serta masyarakat yang tengah berjuang melawan infeksi Covid-19,” ujar KSAL.

Pengambilan darah para pendonor dilaksanakan dengan melewati beberapa tahap sebelum darah diambil antara lain, pendaftaran, skrining, setelah dianggap memenuhi standart sebagai pendonor, selanjutnya pengambilan darah dan observasi.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)