Banyak Bencana, Muhammadiyah Ingatkan tentang Pentingnya Mitigasi

Senin, 15 Februari 2021 - 14:59 WIB
Selain itu, bagi Muhammadiyah dalam peran kebencanaan juga merujuk pada pesan KH Ahmad Dahlan. "Hadjatnya PKO (Penolong Kesengsaraan Oemoem) itoe akan menolong kesangsaraan dengan memakai azas agama Islam dengan segala orang, tidak dengan membelah bangsa dan agamanja."

Maka dari itu, Muhammadiyah melalui Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) mengajak kepada masyarakat muslim Indonesia turut serta melakukan penyadaran tentang bencana atau dakwah mitigasi. Dia menjelaskan, mitigasi bencana adalah fase situasi tidak terjadi bencana.

"Saat ini banyak masyarakat yang fokus ditanggap darurat, termasuk di Muhammadiyah. Kerja-kerja mitigasi dan kesiapsiagaan lebih sedikit ketimbang kerja-kerja dari tanggap darurat," tegas Rahmawati.

Anggota Dewan Pengarah Central Emergency Response Fund (CERF) PBB ini mengajak warga persyarikatan lebih intens untuk melakukan dakwah mitigasi.

"Warga persyarikatan diharapkan bisa menjadi pelopor dakwah mitigasi, sebagai serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemauan menghadapi bencana," tutupnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(maf)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More