Satgas Covid-19 Bentuk Bidang Perlindungan Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan

Jum'at, 08 Januari 2021 - 10:25 WIB
Tenaga medis saat melayani pasien di Puskesmas Pesanggarahan, Jakarta Selatan. Foto/Yorri Farli
JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 telah membentuk bidang baru yaitu Bidang Perlindungan Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan . Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito , hal ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan tenaga medis.

Menurut Wiku, Jumat (8/1/2021), pembentukan bidang baru ini juga bertujuan menurunkan penambahan angka kematian tenaga kesehatan akibat Covid-19 dengan pendekatan promotif dan preventif, serta kuratif dan rehabilitatif melalui respons cepat.

( ).

Hal ini juga menurut Wiku sebagai upaya pemerintah melengkapi upaya penanganan pandemi Covid-19. Keberadaan tenaga kesehatan saat ini semakin berkurang karena gugur menjadi korban terpapar Covid-19.

Sebelumnya, Wiku menyebut bahwa hingga saat ini sudah tercatat ada 237 dokter yang meninggal. Tren dokter yang meninggal cenderung mengalami peningkatan, terutama terjadi di bulan Desember 2020.



(Lihat Juga Foto: Tambah 9.321 Kasus Baru, Covid-19 di Indonesia Tertinggi Selama Pandemi ).

Jika masyarakat terus abai dan tidak menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat, fasilitas kesehatan yang ada tidak akan cukup menangani kasus-kasus baru. "Satu-satunya cara bagi masyarakat adalah dengan mencegah penularan dan menjalankan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," pesan Wiku.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(zik)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More