Survei BPS: 92% Responden Patuh Kenakan Masker

Senin, 28 September 2020 - 16:27 WIB
Warga Jakarta terlihat mengenakan masker untuk mencegah penulran virus Corona (Covid-19). Foto/SINDOnews/Yorri Farli
JAKARTA - Pada awal September ini Badan Pusat Statistik (BPS) melaksanakan survei mengenai perilaku kepatuhan masyarakat disiplin protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) di masa pandemi Covid-19.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, survei melibatkan sebanyak 90.967 responden. Adaoun komposisinya 55% wanita dan 45% laki-laki.

Dari sisi umur, sebanyak 69% berusia muda, yaitu kurang dari 45 tahun. Sementara dilihat dari pendidikan, 61% responden minimal berpendidikan sarjana ke atas.

Suhariyanto mengungkapkan, temuan survei BPS tersebut memperlihatkan persentase masyarakat yang patuh terhadap protokol kesehatan saat ini sebesar 92%.

“Sekarang kita lihat tingkat kepatuhan dari responden terhadap pelaksanaan protokol kesehatan. Jadi dengan memperhatikan 3M, di sana kita bisa melihat bahwa persentase masyarakat yang menggunakan masker itu adalah 92%, menggembirakan,” ungkapnya saat Rilis Hasil Survei Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19, di Media Center Satgas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Senin (28/9/2020).( )



“Jadi ke depan namanya kita perlu melakukan sosialisasi yang lebih supaya masyarakat betul-betul menerapkan 3M secara paralel. Karena menggunakan masker tanpa menjaga jarak tentu tidak akan ada gunanya,” tutur Suhariyanto.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(dam)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More