Ketua MPR Minta Komponen Bangsa Olah Rasa dan Kedepankan Akal Sehat Hadapi COVID-19

Kamis, 03 September 2020 - 05:10 WIB
Dia juga melanjutkan penyelenggaraan pilkada serentak yang akan digelar di 270 daerah bulan desember 2020 mendatang akan semakin menempatkan kita pada posisi dilematis. Apalagi dengan heterogonitas yang luar biasa dan kemajemukan bangsa kita.

Menurutnya, banyak faktor yang dapat menjadi pemantik lahirnya konflik horizontal. Kontestasi politik di tengah himpitan kondis perekonomian di masa pandemi akan sangat mudah dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, yang mungkin tidak kita sadari.

Sementara itu, urgensi untuk membangun karakter dan jati diri bangsa menjadi terpinggirkan, bahkan cenderung terlupakan. Karena energi kita terfokus pada pemulihan sektor kesehatan dan sektor perekonomian. (Baca juga: Waspada! Dahak Lebih Banyak dari Biasanya Bisa Jadi Gejala Covid-19)

"Pada kondisi rentan seperti ini, hal kecil sangat mudah menjadi pemantik melemahnya ikatan kebangsaan kita, yang bila tidak kita kelola dengan baik dapat menggerus konsepsi NKRI sebagai sebuah konsensus nasional," pungkasnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(kri)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More