3 Perwira TNI Jadi Ajudan Prabowo, Salah Satunya Peraih Gelar Magister dari Air University AS

Kamis, 24 Oktober 2024 - 13:03 WIB
Tiga perwira TNI disetujui menjadi ajudan Presiden Prabowo Subianto. Foto/YouTube Setpres
JAKARTA - Tiga perwira TNI disetujui menjadi ajudan Presiden Prabowo Subianto . Mereka adalah perwira pilihan dari setiap matra, dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Total ada empat ajudan Prabowo. Salah satu dari mereka berasal dari Polri. Kebijakan terkait ajudan Presiden RI ini telah tertuang dalam Peraturan Menteri Sekretaris Negara RI Nomor 12 Tahun 2016.

Dalam aturan itu disebutkan bahwa ajudan Presiden/Wakil Presiden dan istri/suami Presiden/Wakil Presiden adalah perwira TNI/Polri yang bertugas memberikan dukungan staf dan pelayanan administrasi sehari-hari kepada presiden dan wakil presiden serta kepada istri/suami presiden atau wakil presiden baik selaku kepala negara atau kepala pemerintahan maupun urusan pribadi.





3 Perwira TNI Jabat Ajudan Prabowo

1. Kolonel Wahyo Yuniartoto



Perwira TNI jabat ajudan Prabowo yang pertama ini adalah Kolonel Wahyo Yuniartoto, SE, M.Tr. Han yang merupakan perwakilan dari Angkatan Darat. Dirinya telah berkarier di militer sejak lulus dari Akademi Militer (Akmil) 2001.

Dalam riwayat pendidikannya, Wahyo tercatat telah menyelesaikan sejumlah pendidikan pengembangan spesialis di dalam dan luar negeri. Seperti, Para Dasar pada 2000 dan combat intel pada 2002 serta pernah mengikuti pendidikan Jungle Warfare School di CIJWS India di 2014, Tim Wasprod Alutsista di Korsel pada 2024.

Tidak hanya punya latar belakang pendidikan yang mentereng, Wahyo juga memiliki torehan prestasi bergengsi. Pertama, ia sukses meraih peringkat 1 Suspa Jasmil 2011 yang bertempat di Pusdikjas.

Dirinya sempat menjadi peringkat 1 dalam pendidikan Danyon 2016 dan pendidikan Dandim 2018. Ia juga sukses menjadi peringkat 1 dalam kegiatan Satgas TMMD tingkat nasional 2016 dan juga peringkat 1 lomba karya jurnalistik tingkat nasional di 2018.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More