3 Letjen TNI Dimutasi Jenderal Agus Subiyanto, 2 di Antaranya Peraih Adhi Makayasa

Selasa, 22 Oktober 2024 - 17:08 WIB
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memutasi sejumlah Letjen TNI pada pertengahan Oktober 2024. Total 63 Pati TNI dari tiga matra yang dipindahtugaskan. Foto: Dok SINDOnews
JAKARTA - Sejumlah Letjen TNI dimutasi pada pertengahan Oktober 2024. Salah satunya Letjen TNI I Nyoman Cantiasa yang sebelumnya menjabat Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (Waka BIN).

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memutasi sejumlah jabatan strategis di lingkungan TNI. Ketentuan tersebut tercantum dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1264/X/2024 tanggal 18 OKtober 2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI).





Pada daftarnya, total ada 63 Perwira Tinggi (Pati) TNI dari tiga matra yang masuk daftar. Beberapa di antaranya merupakan jenderal bintang 3 dari TNI AD. Siapa saja mereka?

Letjen TNI Dimutasi Pertengahan Oktober 2024

1. Letjen TNI I Nyoman Cantiasa

I Nyoman Cantiasa merupakan Pati TNI Angkatan Darat (AD) yang beralih dari jabatan Waka BIN menjadi Staf Khusus KSAD (Penugasan di Kementerian/Lembaga).

Sekelumit tentang Cantiasa. Dia lahir di Buleleng, Bali pada 26 Juni 1967. Tercatat, dia menjadi lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) tahun 1990 sehingga berhak atas penghargaan Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama.

Cantiasa lama mengabdi di Korps Baret Merah. Beberapa posisi yang pernah didudukinya yakni Dansat 81/Kopassus (2010), Danpusdikpassus (2012), hingga Pamen Ahli Bidang Taktik Khusus Gultor Danjen Kopassus (2013).

Seiring waktu, kariernya melejit dengan sejumlah posisi penting yang dipercayakan. Pecah bintang 1 atau Brigjen TNI saat menjadi Danrem 173/Praja Vira Braja (2017), Cantiasa kemudian menduduki jabatan lain seperti Kasdam XVII/Cenderawasih (2017) dan Pa Sahli Tk III Bidang Polkamnas Panglima TNI (2018).

Namanya semakin dikenal saat ditunjuk sebagai Danjen Kopassus pada 2019 menggantikan Eko Margiyono. Tak lama setelahnya, Cantiasa beralih menjadi Pangdam XVIII/Kasuari menggantikan posisi Ali Hamdan Bogra.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More