Profil Maman Abdurrahman Menteri UMKM di Kabinet Prabowo-Gibran

Selasa, 22 Oktober 2024 - 15:24 WIB
Politikus Partai Golkar, Maman Abdurrahman ditunjuk Presiden Prabowo Subianto menjadi Menteri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). FOTO/DOK.GOLKAR
JAKARTA - Maman Abdurrahman masuk menjadi Anggota Kabinet Merah Putih pemerintahan Prabowo-Gibran. Politikus Partai Golkar itu dilantik menjadi Menteri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah ( UMKM ) di Istana Negara, Senin (21/10/2024).

Politikus kelahiran Kota Pontianak, Kalimantan Barat, 10 September 1980 itu ditunjuk Presiden Prabowo Subianto untuk memimpin Kementerian UMKM, yang baru dibentuk sebagai hasil pemisahan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Pemisahan ini bertujuan untuk meningkatkan fokus dalam pengelolaan sektor UMKM yang memiliki potensi besar dengan jumlah pelaku mencapai 60 juta di seluruh Indonesia.

Sarjana Teknik Perminyakan Universitas Trisakti itu bukan politikus anyaran. Maman sebelumnya menjabat sebagai Anggota DPR selama dua periode (2018-2019 dan 2019-2024) dan menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR yang membidangi energi, riset, teknologi, dan lingkungan hidup. Ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar.





Setelah serah terima jabatan (sertijab) dengan Tenten Masduki, Maman menyatakan bahwa ada harapan besar dari Presiden Prabowo untuk mengoptimalkan peningkatan taraf hidup masyarakat, khususnya di sektor UMKM. Mantan Ketua Bidang Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) meminta dukungan masyarakat untuk memajukan sektor ini ke depan.

Biodata Singkat

- Nama: Maman Abdurrahman

- Tempat/Tanggal Lahir: Pontianak, 10 September 1980

- Usia: 44 Tahun

- Almamater: Universitas Trisakti
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More