Presiden Prabowo: Pemerintah yang Saya Pimpin Akan Fokus Swasembada Energi

Minggu, 20 Oktober 2024 - 12:14 WIB
Presiden ke-8 RI Prabowo Subianto menyebut, pemerintahannya akan fokus mewujudkan swasembada energi. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Presiden ke-8 RI Prabowo Subianto menyebut, sumber daya alam di Indonesia sangat besar. Untuk itu, Pemerintahan Prabowo-Gibran bertekad mewujudkan swasembada energi di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Prabowo dalam pidato kenegaraan perdananya sebagai Presiden ke-8 RI di Sidang Paripurna MPR RI, Minggu (20/10/2020). Menurutnya, Indonesia tak boleh tergantung pada negara lain di sektor energi.

"Kita juga harus swasembada energi, dalam keadaan ketegangan, dalam keadaan kemungkinan terjadi perang di mana-mana, kita harus siap dengan kemungkinan yang paling jelek," ujar Prabowo.





Menurut Prabowo, negara lain memiliki kepentingan sendiri. Untuk itu, kata Prabowo, Indonesia akan sulit mendapat pasokan energi bila terjadi keadaan sulit "Karena itu kita harus swasembada energi dan kita mampu untuk swasembada energi," tutur Prabowo.

Prabowo mengatakan, Indonesia dikaruniakan Tuhan sumber daya alam yang besar. Salah satunya, banyak tanaman yang menghasilkan energi.



"Tanaman-tanaman seperti kelapa sawit, bisa menghasilkan solar dan bensin. Kita juga mempunyai tanaman-tanaman seperti singkong, tebu, sagu, jagung dan lain-lain," ucapnya.

"Kita juga punya energi bahwa tanah geothermal yang cukup kita punya batu bara yang sangat banyak kita punya energi dari air yang sangat besar," imbuhnya.

Atas dasar itu, ia bertekad akan mewujudkan swasembada energi selama memimpin Indonesia. "Saudara-saudara sekalian pemerintah yang akan saya pimpin nanti akan fokus mencapai swasembada energi," tegasnya.
(cip)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More