Presiden Prabowo Janji Jalankan Sumpah Jabatan dengan Tanggung Jawab

Minggu, 20 Oktober 2024 - 11:37 WIB
Prabowo Subianto menyampaikan pidato pertama usai dilantik menjadi Presiden ke-8 RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
JAKARTA - Presiden Prabowo Subianto berjanji bertanggung jawab dengan sumpah yang diucapkan dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029. Pelantikan digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Awalnya, Prabowo mengatakan, dia bersama Gibran Rakabuming Raka baru saja selesai bersumpah, sebagai presiden dan wakil presiden di hadapan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

"Beberapa saat yang lalu di hadapan majelis yang terhomat ini, di hadapan seluruh rakyat Indonesia dan yang terpenting di hadapan Tuhan yang Maha Kuasa Allah SWT," kata Prabowo di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).



"Saya Prabowo Subianto dan sodara Gibran Rakabuming Raka telah mengucapkan sumpah untuk mempertahankan undang-undang dasar kita, untuk menjalankan semua undang-undang dan peraturan yang berlaku untuk berbakti kepada negara dan Bangsa," sambungnya.

Prabowo menegaskan, dia bersama Gibran menegaskan, sumpah tersebut tidak hanya diucapkan saat pelantikan, namun juga akan mereka jalankan.

"Sumpah tersebut akan kami jalankan dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab dan dengan semua kekuatan yang ada pada jiwa dan raga kami," ucapnya.

Sebelumnya, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara resmi dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029.



Hal ini ditandai dengan penandatanganan berita acara pelantikan, setelah sebelumnya Prabowo dan Gibran secara bergantian mengucapkan sumpah jabatannya masing-masing.

Berikut sumpah jabatan yang dibacakan Prabowo dan Gibran:

Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden (Wakil Presiden) Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa.
(abd)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More