Kolaborasi LAN dan GNIK Wujudkan Peta Jalan Menuju Indonesia Kompeten 2030

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 15:42 WIB
Gerakan Nasional Indonesia Kompeten (GNIK) kolaborasi dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI). Foto/SINDOnews
JAKARTA - Lembaga Administrasi Negara ( LAN ) bersama dengan 300 perusahaan terbaik di Indonesia yang diinisiasi oleh Gerakan Nasional Indonesia Kompeten (GNIK) berkomitmen untuk melakukan transformasi besar-besaran dalam birokrasi Indonesia. Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN), sehingga dapat memberikan pelayanan publik yang lebih baik dan efisien.

Selain itu, kolaborasi ini juga diharapkan dapat menciptakan ekosistem bisnis yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. LAN menjelaskan bahwa ASN memiliki peran yang sangat krusial dalam pembangunan negara.

Oleh karena itu, peningkatan kualitas dan kompetensi ASN menjadi kunci keberhasilan pembangunan. Kolaborasi dengan sektor swasta dianggap sebagai langkah strategis untuk mencapai tujuan tersebut, mengingat sektor swasta memiliki dinamisme, inovasi, dan sumber daya yang lebih luas.





Kolaborasi ini akan fokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) ASN melalui:

1. Inisiatif Konkret untuk Pengembangan ASN



LAN dan GNIK telah meluncurkan sejumlah program untuk mendukung transformasi ASN, antara lain:

1. National Internship Program: Program magang bagi ASN di perusahaan swasta atau BUMN untuk belajar budaya kerja yang lebih dinamis dan inovatif.

2. Learning Ecosystem: Pembentukan ekosistem pembelajaran yang menyediakan konten-konten pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan ASN.

3. Join Program: Pelatihan bersama antara LAN dan GNIK dengan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan baik sektor publik maupun swasta.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More