Berebut Kursi Pimpinan MPR, Sejumlah Nama Bermunculan

Rabu, 02 Oktober 2024 - 20:19 WIB
Pemilihan pimpinan MPR RI periode 2024-2029 bakal digelar pada Kamis 3 Oktober 2024. Menjelang perebutan kursi pimpinan MPR ini, sejumlah nama bermunculan. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Pemilihan pimpinan MPR RI periode 2024-2029 bakal digelar sidang penetapannya pada Kamis 3 Oktober 2024. Menjelang perebutan kursi pimpinan MPR ini, sejumlah nama bermunculan.

Fraksi PAN memastikan telah memiliki sejumlah kader untuk dicalonkan sebagai pimpinan MPR periode 2024-2029, yakni Eddy Soeparno.

"Kami ada alternatif banyak ya, ada Eddy Soeparno, ada tokoh lain," kata Saleh di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024).



Sedangkan Partai Gerindra mengusulkan Ahmad Muzani. Merespons hal ini, Ahmad Muzani tidak mau menanggapi lebih jauh soal kabar yang menyebut dirinya akan diusulkan fraksinya menjadi Ketua MPR RI periode 2024-2029.



"Tunggu semua sedang berproses. Sehingga semuanya berjalan sesuai dengan mekanisme yang berjalan," kata Muzani di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Sementara PKB mengusulkan Rusdi Kirana, yang dikonfirmasi langsung oleh Ketua Fraksi PKB DPR RI Jazilul Fawaid.

"Sudah (putuskan Rusdi Kirana jadi pimpinan DPR RI) nanti akan disampaikan secara resmi dalam paripurna MPR untuk ditetapkan dan dilantik menjadi Wakil Ketua MPR RI," ucap Jazilul saat dihubungi, Rabu (2/10/2024).

Selain Fraksi PKB, Fraksi PKS juga telah memutuskan Hidayat Nur Wahid (HNW) untuk diusulkan sebagai pimpinan MPR RI. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini.

"Iya masih Ustaz Dr HNW (pimpinan MPR Fraksi PKS). InsyaAllah sebentar lagi diumumkan di Fraksi," terang Jazuli.

Kemudian Anggota DPD RI periode 2024-2029 Fadel Muhammad menyatakan akan maju dalam bursa pimpinan MPR RI periode 2024-2029 dari unsur DPD. Hal itu ia sampaikan saat hadiri rapat pleno pemilihan pimpinan MPR RI dari unsur DPD.

"InsyaAllah saya memajukan diri juga seperti biasa. Dan sudah siap dapat dukungan banyak," terang Fadel saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (2/10/2024).
(maf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More