Denny JA: 10 Tahun Jokowi Rapor Biru untuk Indeks Kemajuan Sosial

Senin, 30 September 2024 - 17:54 WIB
Beberapa area yang menunjukkan keberhasilan adalah peningkatan kesehatan dan pendidikan (pembangunan rumah sakit dan sekolah-sekolah baru serta peningkatan layanan kesehatan berbasis digital), perlindungan sosial (Program keluarga harapan (PKH) yang memberikan bantuan tunai kepada keluarga miskin untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan dan pendidikan).

Namun, meskipun ada peningkatan dalam SPI, beberapa tantangan masih ada. Mulai dari ketimpangan sosial (wilayah-wilayah di luar Jawa masih tertinggal dalam hal akses pendidikan dan kesehatan), isu lingkungan (meski ada peningkatan dalam indikator kesejahteraan dasar, Indonesia masih menghadapi tantangan besar terkait kerusakan lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam), dan perbandingan global (di mana posisi Indonesia?).

"Pada tahun 2023, Indonesia berada di peringkat 80 dari 163 negara. Meskipun peringkat ini menunjukkan peningkatan, Indonesia masih tertinggal dari negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand," jelasnya.

Selama 10 tahun kepemimpinan Jokowi, lanjut denny, Indonesia menunjukkan kemajuan dalam kesejahteraan sosial sebagaimana dibuktikan oleh peningkatan skor SPI. Meskipun tantangan masih ada, baik dalam hal kesetaraan maupun perlindungan lingkungan, peningkatan peringkat, dan skor SPI menunjukkan bahwa Indonesia berada di jalur yang benar untuk meningkatkan kesejahteraan sosial.

"Berdasarkan SPI, 10 tahun Jokowi dapat dikategorikan sebagai 'berhasil', dengan catatan bahwa upaya lebih lanjut diperlukan untuk mencapai kesetaraan dan keadilan sosial di seluruh wilayah Indonesia," pungkasnya.
(rca)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More