Rehabilitasi Mangrove di Indramayu demi Hijaukan Lingkungan

Selasa, 24 September 2024 - 14:15 WIB
Rehabilitasi mangrove dilakukan Pelindo di Desa Totoran, Kecamatan Pasekan, Kabupaten Indramayu, Senin (23/9/2024). Foto: Ist
INDRAMAYU - Rehabilitasi mangrove dilakukan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo di Desa Totoran, Kecamatan Pasekan, Kabupaten Indramayu, Senin (23/9/2024). Kegiatan itu menjadi komitmen perusahaan dalam menghijaukan lingkungan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo. Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo Ardhy Wahyu Basuki mengatakan, rehabilitasi mangrove merupakan komitmen Pelindo mendukung program Green Port dan Proper Lingkungan.





"Kami berharap melalui program ini, Pelindo tidak hanya berkontribusi memperbaiki kondisi ekosistem, tetapi juga memberikan manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat sekitar," ujarnya, Senin (23/9/2024).

Pada tahun ini, Pelindo Group mengimplementasikan penanaman mangrove di kawasan pesisir seluas 295 hektare yang lokasinya tersebar di sekitar area pelabuhan berbagai wilayah di Indonesia.

Pembukaan Program Rehabilitasi Mangrove ini merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama (PKS) rehabilitasi mangrove yang sebelumnya ditandatangani Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Pelindo.

Tujuan utama program ini memperbaiki ekosistem mangrove dan mendukung upaya pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan di kawasan pesisir.

Menurut Ardhy, program ini dilaksanakan serentak di beberapa lokasi, termasuk Desa Totoran, Indramayu, yang berada di bawah pengawasan BPDAS Cimanuk Citanduy. Pelindo melibatkan kelompok masyarakat setempat dalam proses penanaman mangrove untuk memastikan keberlanjutan program.

“Kami berkomitmen melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang berdampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat. Kegiatan ini tentunya sejalan dengan upaya pemerintah menjaga keberlanjutan ekosistem mangrove di Indonesia,” katanya.
(jon)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More