Nebeng Pesawat Jet Pribadi, Kaesang Tak Serahkan Manifest ke KPK

Rabu, 18 September 2024 - 16:47 WIB
Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep tidak menyerahkan manifest penumpang pesawat jet pribadi ke Amerika Serikat kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto/Istimewa
JAKARTA - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep tidak menyerahkan manifest penumpang pesawat jet pribadi ke Amerika Serikat kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Diketahui, Kaesang mengaku nebeng atau numpang teman saat menggunakan jet pribadi Gulfstream.

Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan mengaku tidak mengetahui berapa jumlah penumpang yang ada di jet pribadi tersebut. Dia menuturkan, saat Kaesang klarifikasi ke KPK kemarin, Kaesang tidak menyertakan manifest.

“Enggak ngasih, cuma bilang rombongan Kaesang empat orang. Jadi enggak bilang sepesawat itu berapa orang,” ujar Pahala kepada wartawan di Kemensetneg, Rabu (18/9/2024).





Dia menjelaskan terkait jumlah penumpang di jet pribadi yang ditumpangi Kaesang. Pahala mengatakan, berdasarkan data yang diterima bahwa Kaesang pergi bersama tiga orang lainnya dari Jakarta menuju Amerika Serikat.

“Dia berangkat yang Kaesang berempat, temannya mana saya tahu siapa di pesawat. Seingat saya, enggak bilang sama siapa, tapi dia berempat, dari Jakarta berempat,” kata Pahala.

Sebelumnya, dalih Kaesang Pangarep nebeng alias numpang teman saat menggunakan jet pribadi ke Amerika Serikat dikritik Pakar Telematika Roy Suryo. Menurut data yang dikantongi Roy, pemilik pesawat jet pribadi Gulfstream yang ditumpangi Kaesang dan Erina Gudono tidak ikut.

Roy mengklaim memiliki data manifest penerbangan tersebut bahkan tidak langsung ke Philadelphia melainkan singgah ke sejumlah daerah di antaranya Los Angeles (LA) hingga Las Vegas. Hal itu disampaikan Roy Suryo dalam acara Rakyat Bersuara: Membaca Fenomena 'Agak Laen' di iNews pada Selasa (17/9/2024).

"Ada dong (manifestnya) jangankan manifest, rute perjalanannya itu enggak langsung ke Philadelphia, itu mampir-mampir, mana ada pesawat nebeng mampir. Pertama kali mampir ke Los Angeles ada fotonya, mampir ke Las Vegas nginap semalam di sana sempat foto dengan festival apa di situ katanya beasiswa mau sekolah ngapain ke sana," ujarnya.
(rca)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More