Daftar Lengkap Kader PDIP di Kabinet Jokowi setelah Risma Diganti Gus Ipul

Kamis, 12 September 2024 - 13:21 WIB
2. Abdullah Azwar Anas

Abdullah Azwar Anas dilantik Jokowi sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Briokrasi (PANRB) di Istana Negara, Jakarta, Rabu 7 September 2022. Azwar Anas menggantikan rekan separtainya, Tjahjo Kumolo yang meninggaal dunia.

Azwar Anas pernah menjadi seorang reporter radio di Jember dan Jakarta pada tahun 1990 hingga 1992. Dia juga dikenal aktif dalam organisasi Nahdlatul Ulama (NU).

Pria kelahiran Banyuwangi, Jawa Timur pada 6 Agustus 1973 ini pernah menjabat sejumlah posisi penting dalam organisasi Islam terbesar se-Indonesia itu. Pada 2000 hingga 2003, Azwar menjadi Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama. Pada tahun selanjutnya Azwar Anas dipercaya sebagai Ketua PP GP Ansor pada 2004 hingga 2009.

Azwar Anas memulai kiprah politiknya di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Melalui PKB, Azwar menduduki kursi Anggota DPR RI periode 2004-2009.

Seusai dari kursi dewan, suami dari Ipuk Fiestiandani ini terpilih menjadi Bupati Banyuwangi bersama Yusuf Wisyatmoko. Banyaknya prestasi yang diraih mengantar Azwar menjabat sebagai Bupati Banyuwangi selama dua periode, yakni pada 2010-2015, dan 2016-2021. Bahkan Banyuwangi pernah mengukir sejarah tingkat internasional, yaitu juara United Nations World Tourism Organization (UNWTO) untuk kategori kebijakan publik bidang pariwisata terbaik di dunia.

3. Bintang Puspayoga



Bintang Puspayoga. Foto/Dok MPI

Bintang Puspayoga lahir di Penatih, Denpasar, Bali, pada 24 November 1968. Dia merupakan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabinet Indonesia Maju.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More