Daftar Lengkap Kader PDIP di Kabinet Jokowi setelah Risma Diganti Gus Ipul

Kamis, 12 September 2024 - 13:21 WIB
loading...
Daftar Lengkap Kader...
Sekretaris Kabinet Pramono Anung Wibowo. Foto/Raka
A A A
JAKARTA - Daftar lengkap kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) yang masih bertahan di Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ada di artikel ini. Jumlahnya berkurang setelah Tri Rismaharini (Risma)mundur dari jabatan Menteri Sosial ( Mensos ).

Diketahui, setelah Risma mundur, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Sosial.

"Pada hari ini, tanggal 6 September 2024, telah diterbitkan Keppres No. 100/P Tahun 2024 tentang pemberhentian dengan hormat, Ibu Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya kepada bangsa dan negara selama memangku jabatan tersebut," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam keterangannya, Jumat (6/9/2024).



Ari menjelaskan bahwa Keppres tesebut merupakan tindak lanjut dari permohonan pengunduran Tri Rismaharini sebagai Mensos yang telah disetujui oleh Presiden Jokowi. Ari juga mengungkapkan bahwa permohonan pengunduran diri Risma terkait pencalonan dan pendaftaran sebagai bakal calon Gubernur Jawa Timur.

Pada Rabu (11/9/2024), Presiden Joko Widodo melantik Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf atau Gus Ipul sebagai Mensos.

Politikus PDIP yang juga Sekretaris Kabinet Pramono Anung menanggapi langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Gus Ipul sebagai Mensos. Pramono mengatakan, penunjukan Gus Ipul merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi .

"Ya, pokoknya waktunya tinggal satu bulan, itu hak prerogatif sepenuhnya presiden. Presiden mau menunjuk siapa itu kan hak sepenuhnya presiden," kata Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Diketahui, Risma merupakan salah satu kader PDIP yang masuk Kabinet Indonesia Maju. Risma saat ini menjabat sebagai Ketua Bidang Penanggulangan Bencana DPP PDIP.

Kader PDIP di Kabinet Indonesia Maju


1. Pramono Anung

Daftar Lengkap Kader PDIP di Kabinet Jokowi setelah Risma Diganti Gus Ipul

Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Foto/Raka

Pramono Anung Wibowo lahir di Kediri, Jawa Timur, 11 Juni 1963. Pramono menjabat sebagai Sekretaris Kabinet (Seskab) Kabinet Kerja sejak 12 Agustus 2015. Pramono diangkat sebagai Seskab berdasarkan Keppres Nomor 8/P 2015 tanggal 12 Agustus 2015.

Saat Jokowi kembali menjadi presiden pada 2019-2024 dan membentuk Kabinet Indonesia Maju, Pramono kembali dipercaya sebagai Seskab. Dia diangkat berdasarkan Keppres Nomor 115/P 2019 tanggal 23 Oktober 2019.

Pramono dikenal sebagai politikus PDIP. Lulusan Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung, Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada, dan doktor Ilmu Komunikasi Politik dari Universitas Padjadjaran ini pernah menjadi Wakil Sekjen DPP PDIP.

Pada tahun 2005, Pramono naik jabatan menjadi Sekretaris Jenderal PDIP. Di legislatif, Pramono menjadi anggota DPR sejak 1999. Dia pernah menjabat posisi penting, yakni wakil ketua DPR RI periode 2009-2014.

Kini, Pramono menjadi Cagub Jakarta, berpasangan dengan Rano Karno. Pramono juga sudah mengundurkan diri dari kabinet, tetapi surat pengunduran dirinya belum ditandatangani Presiden Jokowi. Pramono kemungkinan resmi keluar dari kabinet pada 22 September 2024, yakni saat penetapan cagub-cawagub Jakarta oleh KPU Jakarta.

2. Abdullah Azwar Anas

Abdullah Azwar Anas dilantik Jokowi sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Briokrasi (PANRB) di Istana Negara, Jakarta, Rabu 7 September 2022. Azwar Anas menggantikan rekan separtainya, Tjahjo Kumolo yang meninggaal dunia.

Azwar Anas pernah menjadi seorang reporter radio di Jember dan Jakarta pada tahun 1990 hingga 1992. Dia juga dikenal aktif dalam organisasi Nahdlatul Ulama (NU).

Pria kelahiran Banyuwangi, Jawa Timur pada 6 Agustus 1973 ini pernah menjabat sejumlah posisi penting dalam organisasi Islam terbesar se-Indonesia itu. Pada 2000 hingga 2003, Azwar menjadi Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama. Pada tahun selanjutnya Azwar Anas dipercaya sebagai Ketua PP GP Ansor pada 2004 hingga 2009.

Azwar Anas memulai kiprah politiknya di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Melalui PKB, Azwar menduduki kursi Anggota DPR RI periode 2004-2009.

Seusai dari kursi dewan, suami dari Ipuk Fiestiandani ini terpilih menjadi Bupati Banyuwangi bersama Yusuf Wisyatmoko. Banyaknya prestasi yang diraih mengantar Azwar menjabat sebagai Bupati Banyuwangi selama dua periode, yakni pada 2010-2015, dan 2016-2021. Bahkan Banyuwangi pernah mengukir sejarah tingkat internasional, yaitu juara United Nations World Tourism Organization (UNWTO) untuk kategori kebijakan publik bidang pariwisata terbaik di dunia.

3. Bintang Puspayoga

Daftar Lengkap Kader PDIP di Kabinet Jokowi setelah Risma Diganti Gus Ipul

Bintang Puspayoga. Foto/Dok MPI

Bintang Puspayoga lahir di Penatih, Denpasar, Bali, pada 24 November 1968. Dia merupakan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabinet Indonesia Maju.

Pemilik nama lengkap I Gusti Ayu Bintang Darmawati adalah istri dari Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia periode 2014-2019.

Bintang pernah mengikuti ajang Puteri Indonesia 1992 mewakili Provinsi Bali dan meraih Juara Harapan 2. Dia juga pernah menjuarai Kejuaraan Tenis Meja PB Perwosi Oktober 2010 di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta. Bahkan, dia diangkat menjadi Ketua Umum Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Provinsi Bali periode 2010-2014.

Bintang merintis kejuaraan tenis meja antar PKK banjar se-Kota Denpasar pada 2002. Karier birokratnya diawali menjadi pegawai negeri sipil (PNS) pada Maret 1994. Setelah itu, dia diangkat menjadi Inspektur Pembantu Wilayah III pada Inspektorat Kota Denpasar pada 30 Desember 2008.

Pada 19 Maret 2013, Bintang menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia pada Pemerintah Kota Denpasar. Lalu, pada 5 Desember 2014 dia menjadi staf pada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kota Denpasar, kemudian pada 29 Mei 2019 menjabat sebagai Asisten II Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah Kota Denpasar.



Di kepengurusan DPP PDIP yang diperpanjang masa jabatannya hingga 2025, Bintang menjabat Ketua Bidang Perempuan dan Anak.
(zik)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0975 seconds (0.1#10.140)