Seruan Sederhana Paus Mendinginkan Hati Warganet

Jum'at, 06 September 2024 - 08:33 WIB
Yuliandre Darwis. Foto/Istimewa
Yuliandre Darwis, Ph.D

Ketua/Komisioner KPI Pusat

2016-2019/2019-2023



PADA umumnya, dunia maya di Indonesia penuh dengan hiruk-pikuk arus informasi yang cepat, tak jarang diiringi perdebatan yang tak berujung. Namun, sesuatu yang tak biasa terjadi sejak kedatangan Paus Fransiskus pada 3 September 2024. Pesan-pesan kesederhanaan dan toleransi yang dibawa oleh Paus Fransiskus telah memberikan ruang bagi warganet Indonesia untuk melakukan refleksi moral terhadap nilai-nilai kebersamaan dan perdamaian. Kehadiran pemimpin Vatikan ini menjadi topik perbincangan hangat yang menyejukkan, baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

Sejak kedatangan Paus Fransiskus yang memilih menggunakan pesawat komersial, enggan memakai mobil mewah, dan menginap di kedutaan, topik ini menjadi ramai di media sosial, sehingga unggahan mengenai Paus Fransiskus tidak henti-hentinya mendapatkan perhatian. Menteri BUMN Erick Thohir juga membagikan momen bersejarah tersebut di media sosial, yang langsung mendapatkan pujian dari netizen. Salah satu momen yang paling menyita perhatian adalah ketika Paus mengucapkan semboyan persatuan Indonesia, "Bhinneka Tunggal Ika," yang memicu reaksi positif dari banyak orang.

Komentar Netizen: Dari Refleksi Diri hingga Humor



Di balik pujian dan rasa hormat yang ditunjukkan netizen, ada juga refleksi mendalam yang diutarakan melalui kolom komentar. Salah seorang netizen menulis bahwa dirinya bangga menjadi seorang muslim sejak lahir, sekaligus bangga dapat hidup berdampingan dengan pemeluk agama lain di Indonesia. Ada juga komentar komentar yang kreatif dan humoris, seperti, "Agama sebelah punya Paus, kita punya Paus-tadz. Indahnya toleransi."

Kekuatan humor di media sosial sering kali menjadi jembatan dalam mempertemukan perbedaan pendapat dan latar belakang, yang dalam konteks ini menyoroti indahnya kerukunan antarumat beragama di Indonesia. Pesan-pesan yang mengandung kesederhanaan dan toleransi dari Paus Fransiskus berhasil menyentuh warganet, yang biasanya terpecah dalam berbagai perdebatan, untuk sejenak bersatu dan merangkul perbedaan.

Pengaruh Kunjungan Paus Fransiskus Terhadap Kehidupan Beragama di Indonesia

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More