Bahlil Promosi Doktor di UI Kurang dari 2 Tahun, Warganet: Cetak Sejarah

Rabu, 16 Oktober 2024 - 15:50 WIB
loading...
Bahlil Promosi Doktor...
Menteri ESDM Bahlil Lahadalia menjalani Sidang Terbuka Promosi Doktor Pascasarjana Kajian Stratejik dan Global di UI, Depok. Menariknya, Bahlil menyelesaikan S3 hanya kurang dari 2 tahun. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri ESDM Bahlil Lahadalia menjalani Sidang Terbuka Promosi Doktor Pascasarjana Kajian Stratejik dan Global di Universitas Indonesia (UI), Depok. Menariknya, Bahlil menyelesaikan pendidikan S3 hanya kurang dari 2 tahun.

Berdasarkan penelusuran di laman pddikti.kemdikbud.go.id, Bahlil tercatat menjadi mahasiswa S3 di Sekolah Kajian Stratejik dan Global UI pada 13 Februari 2023.



Ketua Umum Partai Golkar ini akan mempertanggungjawabkan disertasi yang berjudul Kebijakan, Kelembagaan, dan Tata Kelola Hilirisasi Nikel yang Berkeadilan dan Berkelanjutan di Indonesia di Gedung Makara Art Center UI, Depok, hari ini, Rabu (16/10/2024).

Atas sidang terbuka gelar doktor Bahlil, warganet langsung menyoroti tajam.

“Menyala Kakanda Bahlil! Masuk Februari 2023 lalu Oktober 2024 sudah sidang terbuka atau cuma 1,5 tahun sampai menyelesaikan S3. Kakanda Bahlil memang panutan, dia bisa jadi contoh buat adindanya karena bisa lulus paling cepat dalam sejarah Universitas Indonesia,” cuit Twitter Loid Forger yang dikutip, Rabu, 16 Oktober 2024.

Mantan Menteri Investasi/Kepala BKPM tersebut diketahui menyelesaikan pendidikan S3 tergolong cepat yakni kurang dari 2 tahun.

Padahal, lazimnya studi doktoral 3-5 tahun. Sedangkan, studi magister atau S2 berkisar 1-2 tahun.

Sementara, Pengamat Hukum Tata Negara Feri Amsari mengunggah di media sosialnya yang menyindir telah terjadi ketidakberesan terhadap sidang terbuka gelar doktor Bahlil Lahadalia.

“Di republik nganu bin nganu binti nganu hal-hal seperti ini tidak dikenal sebagai konflik kepentingan,” tulisnya.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0741 seconds (0.1#10.140)