Kemendagri Ajak Pemda Terus Berinovasi di Tengah Pandemi

Rabu, 26 Agustus 2020 - 19:17 WIB
Kepala Balitbang Kemendagri, Agus Fatoni saat memberikan sambutan dalam acara KDI 2020 yang digelar secara virtual. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Bepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (Balitbang Kemendagri) Agus Fatoni mengatakan saat ini semua negara sedang beradu cepat dalam penanganan Covid-19, khususnya menangani dampak di bidang ekonomi maupun kesehatan.

Menurut dia, momentum ini harus dijawab dengan inovasi. “Momentum ini memberikan peluang kita bersama untuk menjawab dengan inovasi dan karya nyata sehingga meningkatkan daya saing dalam dan luar negeri,” katanya saat memberikan sambutan dalam ajang penghargaan Kepala Daerah Indonesia (KDI) 2020 , Rabu (26/8/2020).

Dia mengatakan sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa saat ini tidak ada negara yang benar-benar siap menangani pandemi Covid-19, termasuk Indonesia. Namun, menurut dia, Presiden menegaskan pandemi Covid-19 merupakan momentum untuk melakukan reformasi dan inovasi.

“Dalam penanganan Covid-19 pemerintah daerah didorong untuk mampu berinovasi dengan memanfaatkan potensi unggulan daerah,” katanya.

Fatoni mengatakan, inovasi daerah pada hakikatnya ditujukan untuk meningkatkan kinerja pemerintah daerah dan pelayanan publik secara optimal. Sasaran inovasi daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat, serta daya saing daerah. (Baca juga: Raih KDI 2020, Bupati Lembata Semangat Berinovasi Bangkit dari Pandemi )



Fatoni mengapresiasi acara apresiasi kepada kepala daerah inovatif yang diselenggarakan SINDOnews dan KORAN SINDO. Dia berharap acara ini dapat memotivasi daerah untuk terus berinovasi.

“Semoga melalui event ini memotivasi daerah lain untuk mengikuti jejak daerah yang telah meraih prestasi di bidang inovasi daerah,” tuturnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(dam)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More