Satu Dekade JKN, Pelayanan Berobat Semakin Cepat dan Bermutu

Rabu, 31 Juli 2024 - 22:38 WIB
Uus Usman (54) usai menjalani operasi kepala di RS Margono Purwokerto. Uus merupakan peserta program JKN-BPJS Kesehatan Non-PBI. Foto: Anton Chrisbiyanto/SINDOnews
PENYAKIT bisa datang dan menyerang kapan saja dan di mana saja. Tak kenal waktu, tak kenal usia. Penyakit bisa merenggut keceriaan secara tiba-tiba. Itulah yang dirasakan Benny Averdi (51) pekerja swasta yang bermukim di Ciputat, Tangerang Selatan. Keceriaan saat merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah bersama keluarga besarnya di Pasteur, Bandung sedikit ambyar tatkala sesak nafas menyerangnya.

baca juga: BPJS Kesehatan Jadi Payung Bagi Keluarga Putri

“Tiba-tiba nafas agak sesak, kakak saya menyarankan langsung periksa ke RSUP Hasan Sadikin (RSHS),” kisahnya kepada SINDONews, Rabu (31/7/2024). Kakak Benny yang berprofesi sebagai dokter pun mencurigai adiknya kena serangan jantung. Dugaan kakak Benny tak meleset, setelah menjalani rangkain pemeriksaan termasuk Elektrokardiografi (EKG), Benny didiagnosis mengalami penebalan dinding jantung yang menyebabkan penyempitan saluran nafas di paru-paru.



Dengan kondisi yang masih memungkinkan untuk pulang ke Ciputat, Benny akhirnya menjalani prosedur rawat jalan. Sayangnya Benny masih merasakan ketidaknyamanan saat bernafas. Pria kelahiran Mei 1973 itu langsung menuju faskes tingkat pertama di Ciputat. “Di faskes tingkat pertama saya dirujuk ke RSUD Tangerang Selatan,” paparnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan lanjutan, Benny harus dirujuk ke faskes tingkat lanjutan. Usai menunjukkan riwayat pemeriksaannya di RSHS, Benny pun dirujuk ke RS yang berlokasi di Pasteur, Bandung itu. “Meskipun lintas provinsi, saya bermukim di provinsi Banten, rumah sakitnya di provinsi Jawa Barat, tetapi prosedurnya tak rumit, tak berbelit,” tegasnya.

Benny mengaku tak menemui birokrasi rumah sakit yang berbelit dan melelahkan seperti dulu. “Pelayanan BPJS Kesehatan sekarang cepat. Pelayanan saat dirawat pun sangat baik,” ungkapnya. Benny merupakan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-BPJS Kesehatan kategori Bukan Penerima Bantuan Iuran (Non-PBI).

Bagi Benny, dengan menggunakan BPJS Kesehatan, biaya yang harus dia keluarkan selama menjalani pemeriksaan, perawatan termasuk rawat inap, hingga pengobatan lanjutan sangat minim. Tak ada biaya sepeser pun jika sesuai plafon. Kecuali memang jika dokter meresepkan obat-obatan yang tidak ditanggung sesuai dengan ketentuan BPJS Kesehatan .

Saat ini, lanjut Benny, dirinya masih menjalani perawatan lanjutan dan ditangani oleh dokter Hawani Sasmaya SpJP. “Bagi saya banyak manfaat dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan,” urainya. Penyakit kardiovaskuler seperti yang diderita Bennya bisa menimpa siapa saja.

Di Indonesia, penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung menjadi penyebab kematian terbanyak di Indonesia. Pada tahun lalu, persentasenya sebesar 19,42% (stroke) dan jantung iskemik (serangan jantung) dengan rasio 14,38%. Bahaya penyakit kardiovaskular itu pula yang menyebabkan Chadie Nurtjahyadi resah. Bagaimana tidak, ibunya yang sudah berusia 74 tahun didiagnosis mengalami gangguan pada jantungnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More