2 Kadiv Propam Polri Melenggang Jadi Kapolri, Sama-sama Pernah Menjabat Kabareskrim

Rabu, 17 Juli 2024 - 17:16 WIB
Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menerima tongkat kepemimpinan korps Bhayangkara dari Jenderal Idham Azis. Serah terima jabatan (Sertijab) Kapolri ini sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5/Polri/2021. FOTO/DOK.HUMAS POLRI
JAKARTA - Ada dua nama mantan Kadiv Propam Polri yang sukses melenggang jadi Kapolri di kemudian hari. Masing-masing di antaranya juga pernah menjadi Kabareskrim.

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) merupakan pimpinan tertinggi dalam Polri. Jabatan tersebut biasa diisi oleh perwira tinggi (Pati) bintang 4.

Sepanjang riwayatnya, posisi Kapolri sudah ditempati banyak orang berbeda. Beberapa di antaranya diketahui pernah menjabat sebagai Kadiv Propam Polri. Siapa saja?





Kadiv Propam Polri Melenggang Jadi Kapolri

1. Jenderal Polisi (Purn) Idham Aziz



FOTO/DOK.SINDOnews

Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis merupakan seorang purnawirawan Perwira Tinggi (Pati) Polri. Dia pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) periode 2019-2021.

Pada riwayatnya, Idham Aziz adalah jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1988. Pria kelahiran 30 Januari 1963 ini memiliki riwayat karier moncer di kepolisian.

Mengawali perjalanan sebagai perwira samapta Polres Bandung, kiprah Idham Aziz mulai naik secara perlahan. Sebelum menjadi Kapolri, dia juga diketahui pernah menjabat posisi penting lain, termasuk Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More