Citra Positif KPK Terendah, Alexander Marwata Ngaku Masih Bisa Tidur Nyenyak

Jum'at, 21 Juni 2024 - 18:02 WIB
Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata mengaku dirinya masih bisa tidur nyenyak meski hasil survei menunjukkan citra positif lembaga antirasuah terendah. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata mengaku dirinya masih bisa tidur nyenyak meski hasil survei menunjukkan citra positif lembaga antirasuah terendah. Hal itu ia sampaikan merespons soal hasil survei Litbang Kompas yang menghasilkan citra positif KPK berada di posisi juru kunci.

"Saya tidak terpengaruh dengan survei-survei seperti itu, sama sekali tidak terpengaruh, saya masih bisa tidur nyenyak," ujar Alex dalam tayangan akun YouTube PBHI, Jumat (21/6/2024).





Ia pun menegaskan enggan ambil pusing dengan hasil survei tersebut. Pasalnya, ia meyakini koresponden belum paham betul mengenai tugas dari KPK.

"Belum tentu respondennya ditanya itu tahu apa Tupoksi KPK, belum tentu, jadi ketika lama KPK enggak melakukan OTT, enggak ada berita di TV terkait OTT, nah itulah opini publik menjadi turun," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, KPK menjadi lembaga negara dengan citra paling rendah di mata masyarakat. Hal itu sebagaimana terekam dalam survei yang dilakukan Litbang Kompas pada 27 Mei-2 Juni 2024.

Dalam jajak pendapat tersebut, lembaga antirasuah hanya mengantongi citra positif 56,1%, citra buruk 33,4%, dan 10,5% menjawab tidak tahu. Di sisi lain, TNI menduduki citra positif teratas dengan perolehan citra positif sebesar 89,9%, citra buruk 2,9%, dan 7,3% tidak tahu.



Kemudian disusul Polri, citra positif 73,1%, citra negatif 22,5%, dan 4,4% tidak tahu. Kendati demikian, KPK mengalami kenaikan citra positif dari survei sebelumnya dengan lonjakan angka 8,6%.
(kri)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More