BMK Dorong Kolaborasi Budaya Lokal di Inacon 2024

Selasa, 18 Juni 2024 - 13:57 WIB
Tessar Wardhana, Kreator IP Serial Animasi Budaya Ako dan Laut menambahkan dengan dukungan teknologi tentunya akan bisa dan mudah memperkenalkan budaya lokal ke panggung internasional. “Inisiatif seperti Indonesiana TV dan program open call yang mereka lakukan memberikan ruang bagi kreator untuk berinovasi dan mengangkat budaya Indonesia,” ungkapnya.

Menurutnya, Inacon 2024 memberikan panggung besar bagi animasi dan IP lokal untuk memamerkan karya terbaik. Dia juga melihat Indonesiana TV telah menyediakan wadah yang sangat baik bagi para kreator untuk berkarya dan berkolaborasi. “Melalui Indonesiana TV, kami bisa menyebarkan nilai-nilai budaya dan kreativitas anak bangsa ke seluruh penjuru Indonesia bahkan dunia. Saya berharap, semakin banyak IP lokal yang dapat lahir dan berkembang melalui ajang ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, budaya lokal Indonesia dikenal kuat, orisinil, dan memiliki keunikan tersendiri. Dengan sentuhan modern dan teknologi pencitraan canggih, konten budaya ini mampu menonjolkan keberagaman dan menjunjung tinggi keragaman tersebut, menciptakan inklusi budaya dan keterwakilan berbagai budaya lokal.

Seperti halnya pada serial animasi Ako dan Laut karya dari Tessar Wardhana dan kawan-kawan. Tessar bercerita tentang banyaknya kearifan lokal dan nilai-nilai budaya yang diangkat dalam animasi tersebut, terkhusus budaya Maluku. “Di serial Ako dan Laut, kita mengangkat tradisi ‘Laor’, di mana ini adalah ajaran leluhur untuk menjaga kelestarian alam laut dan kebersihan air laut dengan tidak membuang sampah ke laut Maluku,” pungkasnya.
(rca)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More