Arti dan Makna Baret Hitam Pussenkav dan Hiu Kencana, Pasukan Tempur Kebanggaan TNI

Rabu, 12 Juni 2024 - 05:21 WIB
Adapun brevet Hiu Kencana bukanlah sekadar simbol yang melekat di tubuh pemiliknya. Melainkan, pada pemiliknya tersimpan juga bentuk kebanggaan, semangat juang pantang menyerah, dan dedikasi serta pengabdian kepada NKRI.

Begitu juga prajurit yang bertugas di Mabes TNI dan di lembaga negara Republik Indonesia. Mereka mengenakan baret berwarna hitam dengan emblem lambang TNI. Pemakaian baret hitam bagi prajurit di Mabes TNI didasarkan atas Keputusan Panglima TNI Nomor KEP/190/III/2014 yang kala itu dijabat oleh Jenderal TNI Moeldoko.

Penggunaan baret hitam TNI mulai berlaku sejak 18 Maret 2014 di mana seluruh personel TNI yang bertugas di lingkungan unit organisasi Mabes TNI harus menggunakan baret sebagai perlengkapan pakaian dinas TNI

Pemakaian baret dimaksudkan agar seluruh prajurit TNI memiliki pemikiarna dan keinginan yang sama menyamakan langkah menuju tugas pokok TNI sehingga dapat menjadi lebih solid dan SDM dapat terus ditingkatkan. Selain itu, pemakaian baret hitam TNI juga dalam rangka membangun interoperabilitas agar seluruh kekuatan bisa digerakan menjadi satu menuju kepada satu titik tugas pokok TNI.
(cip)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More