Deretan Letjen TNI yang Bertugas di Kementerian/Lembaga, Nomor 2 dan 4 Peraih Adhi Makayasa

Senin, 10 Juni 2024 - 08:43 WIB
Selama pengabdiannya di militer, Budi Prijono merupakan Pati TNI AD yang kenyang dengan pengalaman di medan operasi. Berbagai penugasan di daerah konflik pernah dijalaninya. Di antaranya, Operasi Timor Timur pada 1992 dan 1994.

Selain itu sebagai Military Observer (Unikom) di Irak pada 2001. Budi Prijono juga pernah bertugas sebagai Exchage Orogram di Singapura Military Observer Course di Malaysia pada 2005 dan Military Observer (Unmis) di Sudan pada 2006.

4. Letjen TNI I Nyoman Cantiasa



Terakhir ada nama Letjen TNI I Nyoman Cantiasa yang mengemban amanat sebagai Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (Waka BIN) sejak 9 November 2023 lalu. Ia mengisi posisi yang ditinggalkan Letjen TNI Teddy Lhaksmana Widya Kusuma.

Karier tentara kelahiran Buleleng Bali tersebut cukup moncer. Sebelum menjabat sebagai Waka BIN, Cantiasa adalah Koordinator Staf Ahli Kepala Staf Angkatan Darat (Koorsahli KSAD) dari 15 Mei 2023 hingga 9 November 2023.

PATI TNI ADA yang berpengalaman dalam Infanteri (Kopassus) ini juga pernah menduduki jabatan bergengsi lainnya. Mulai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkogabwilhan III), Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVIII/Kasuari, dan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus).

Cantiasa juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer XVIII/Cenderawasih sejak Desember 2017 hingga November 2018. Sebelumnya, ia juga menjabat Danrem 173/Praja Vira Braja dan Kasdam XVII/Cenderawasih.

Jenderal bintang tiga ini merupakan lulusan terbaik di Akademi Militer (Akmil) tahun 1990. Cantiasa juga tercatat sebagai siswa dengan karya tulis terbaik saat mengikuti Pendidikan Reguler (Dikreg) XLI Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI tahun 2014.



Cantiasa pernah terpilih menjadi Komandan upacara penurunan Sang Merah Putih saat masih berpangkat Kolonel. Ia menjadi komandan dalam kegiatan HUT ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2013.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More