7 Fakta Soerjadi Soerjadarma, Bapak AURI Penyandang Gelar Bangsawan Kanoman Cirebon

Minggu, 12 Mei 2024 - 10:58 WIB
Soerjadi Soerjadarma merupakan KSAU pertama Republik Indonesia. Dia juga dijuluki sebagai Bapak AURI. FOTO/DOK.TNI AU
JAKARTA - Soerjadi Soerjadarma merupakan salah satu tokoh militer di masa kemerdekaan Republik Indonesia. Satu momen yang membuatnya terlihat menonjol ketimbang perwira lain adalah ketika dia dipercaya mengemban tugas sebagai Kepala Staf Angkatan Udara ( KSAU ) pertama di Tanah Air.

Atas pengangkatannya sebagai KSAU pertama bertepatan dengan terbentuknya Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI), Soerjadi Soejadarma kemudian dijuluki sebagai Bapak AURI.

Ketika masih aktif di militer, Soerjadi Soerjadarma memiliki peran besar dalam mengembangkan dunia dirgantara di bidang kemiliteran, tetapi juga sebagai pelopor pada penerbangan komersial.





Fakta Soerjadi Soerjadarma

1. Menyandang Gelar Bangsawan

Soerjadi Soerjadarma yang lahir pada 6 Desember 1912, memiliki nama lengkap Elang Soeriadi Soeriadarma. Dia merupakan anak dari Raden Suryaka Suryadarma yang bekerja pegawai bank di Banyuwangi.

Elang adalah gelar kebangsawanan yang ada di Keraton Kanoman Cirebon yang berarti Raden. Namanya kemudian disesuaikan dengan ejaan baru menjadi Raden Suryadi Suryadarma.

Pria yang lahir di Banyuwangi ini masih memiliki garis keturunan dari Keraton Kanoman, Cirebon. Buyutnya adalah Pangeran Jakaria alias Aryabrata dari Keraton Kanoman, Cirebon yang merupakan keturunan langsung dari Sunan Gunung Jati.

2. Punya Riwayat Pendidikan Mumpuni

Berstatus sebagai anak bangsawan membuat kehidupan dan pendidikan Soerjadi lebih terjamin ketimbang anak-anak lain. Pada usia enam tahun, tepatnya tahun 1918, dia masuk sekolah ELS (Europese Lagere School) yaitu Sekolah Dasar khusus untuk anak Eropa atau Cina dan anak-anak Indonesia yang memiliki keturunan bangsawan.

Pada 1926, Soerjadarma menyelesaikan pendidikanya di ELS, yang kemudian melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya yaitu HBS (Hogere Burgere School) di Bandung.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More