Penjelasan TPN soal Makna Adil dan Lestari dalam Visi Ganjar-Mahfud

Kamis, 25 Januari 2024 - 17:10 WIB
Capres dan Cawapres nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD mempunyai visi Menuju Indonesia Unggul Gerak Cepat Menuju Negara Maritim yang Adil dan Lestari. Foto/Twitter X Ganjar
DEPOK - Capres dan Cawapres nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD mempunyai visi Menuju Indonesia Unggul Gerak Cepat Menuju Negara Maritim yang Adil dan Lestari. Terkait visi ini, Anggota Eksekutif dari Deputi 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Indah Lestari mengungkap makna dari visi tersebut.

Indah pun menjelaskan makna kata Adil dan Lestari dalam visi Ganjar-Mahfud di hadapan puluhan mahasiswa dalam acara Youth Talk: Dialog Mahasiswa dan Jubir Muda Capres RI 2024, Seri 2: Masa Depan Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa di Auditorium Komunikasi, FISIP Universitas Indonesia (UI), Depok, Kamis (25/1/2024).

"Di sini ada kata Adil dan Lestari, apa itu? Adil dan lestari di sini sebenarnya muara dari semua langkah yang dilakukan oleh segenap bangsa dalam melakukan pembangunan itu sendiri," kata Indah.



"Pertama rakyat bisa hidup sejahtera, merasakan keadilan sosial yang terlaksana dan bagaimana kita bisa merasakan hidup di alam yang memang lestari," tambahnya.



Indah juga turut memaparkan delapan langkah Gerak Cepat, Sat-Set Tas-Tes Ganjar-Mahfud. Mulai dari mempercepat pembangunan manusia unggul yang berkualitas, produktif, dan berkepribadian; mempercepat penguasaan sains dan teknologi melalui percepatan riset dan inovasi secara berdikari; mempercepat pembangunan ekonomi berdikari berbasis pengetahuan dan nilai tambah.

Kemudian mempercepat pemerataan pembangunan ekonomi; mempercepat pembangunan sistem digital nasional; mempercepat perwujudan lingkungan hidup yang berkelanjutan melalui ekonomi hijau dan ekonomi biru.

"Selanjutnya, mempercepat pelaksanaan demokrasi substantif, penghormatan HAM, supremasi hukum yang berkeadilan dan keamanan yang profesional; mempercepat meningkatkan peran Indonesia dalam mewujudkan tatanan dunia baru yang lebih berkeadilan melalui politik luar negeri dan bebas aktif serta memperkuat pertahanan negara," tutupnya.
(maf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More