215 Juta Masyarakat Indonesia Melek Internet, Kominfo Imbau Pahami Literasi Digital

Selasa, 23 Januari 2024 - 18:31 WIB
Kemenkominfo menekankan pentingnya pemahaman literasi digital. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) menekankan pentingnya pemahaman literasi digital. Pasalnya, teknologi digital kian berkembang dengan inovasi-inovasi baru, dari mulai internet 5G hingga perkembangan kecerdasan buatan atau Artifical Intelligence (AI).

Salah satu yang menarik adalah AI generative yang dapat menciptakan berbagai hal, mulai dari gambar, foto, musik, dan lainnya. Contohnya Large Language Model (LLM) yang dapat merespons percakapan, seperti yang terkenal adalah ChatGPT.

Hal itu terungkap dalam Obral Obrol Literasi Digital (OOTD) dengan tema “Proyeksi Perkembangan Teknologi Digital di Tahun 2024” yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

Dewan Pengarah Siberkreasi Tony Seno menilai, kemajuan AI seperti LLM ini membawa perhatian tersendiri terutama dari sisi etika.





“Kita dapat memilih model (AI) yang tidak dapat disensor, yang artinya tidak memedulikan persoalan etika. Karena tidak peduli sama etika kita bisa menyatakan segala pertanyaan yang positif, negatif, berbahaya, nyerempet, yang jahat, dan sebagainya. Dan dia akan merespons,” jelasnya, Selasa (23/1/2024).

Penggunaan AI generative ini sebenarnya, kata Tony, sangat bermanfaat bagi pekerjaan. Kemampuan memanfaatkan ini membutuhkan literasi digital dan keahlian sains data atau data science. “Pandemi Covid-19 menjadi salah satu momentum akselerasi penggunaan teknologi digital, misalnya di dunia pendidikan dengan adanya virtual meeting,” katanya.



Sekretaris Jenderal APJII Zulfadly menyatakan, proyeksi digital 2024 menggunakan prinsip internet tangguh, ekosistem tumbuh. "Proyeksi digital 2024 tidak bisa dipisahkan dari pembangunan core infrastuktur,” sebutnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More