PPTM 2024, Menlu Retno: Indonesia Pemain Utama di Kawasan dan Global

Senin, 08 Januari 2024 - 19:55 WIB
Di tengah situasi dunia, di mana konflik dan perang terjadi di berbagai belahan dunia, maka spirit, prinsip, dan ruh Konferensi Bandung ini menjadi lebih relevan dan semakin penting untuk terus diterapkan, untuk lebih dikukuhkan dan diperjuangkan ke depan.

Tema PPTM tahun ini diangkat untuk meng-highlight konsistensi Indonesia terhadap prinsip politik luar negeri bebas aktif. Bebas artinya Indonesia bebas bermitra dengan siapa saja untuk memperjuangkan kepentingan nasionalnya.



Menlu Retno dalam sambutan di PPTM 2024 menegaskan politik luar negeri Indonesia dijalankan secara konsisten berdasarkan prinsip bebas aktif berkiblat kepada kepentingan nasional dan berkontribusi bagi perdamaian dunia. (Foto: dok YouTube iNews)

Sedangkan aktif artinya Indonesia aktif berkontribusi untuk menciptakan perdamaian dan kemakmuran dunia, serta mengatasi berbagai tantangan global dan kawasan.

Berbeda dengan PPTM sebelumnya yang hanya mencakup satu tahun, pada PPTM kali ini Menlu Retno menyampaikan capaian-capaian diplomasi Indonesia selama 9 tahun sejak dimulainya pemerintahan Presiden Jokowi pada tahun 2014, serta prioritas diplomasi Indonesia tahun 2024.

PPTM Bentuk Pertanggungjawaban Menlu



PPTM merupakan merupakan agenda rutin tahunan di setiap awal tahun di mana Menlu RI menyampaikan berbagai capaian dan prioritas politik luar negeri. Selain untuk menyebarluaskan informasi, PPTM juga merupakan bentuk pertanggungjawaban Kemlu terhadap publik.

Kegiatan yang juga didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), ini menegaskan bahwa diplomasi Indonesia selama 10 tahun terakhir terus aktif berkontribusi bagi kawasan dan global. Rekam jejak Indonesia tersebut dirasakan dan diakui oleh berbagai pihak.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More