11 KSAD Kelahiran Jawa Tengah, Nomor 3 Gugur Ditembak PKI

Minggu, 05 November 2023 - 05:56 WIB
Sejumlah perwira tinggi TNI AD mendapatkan kenaikan pangkat. Foto/MPI
JAKARTA - Beberapa Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) lahir di Jawa Tengah. Jabatan strategis tersebut ditempati oleh Perwira Tinggi (Pati) TNI bintang empat.

Jabatan KSAD merupakan puncak tertinggi karier militer bagi seorang prajurit TNI AD. Biasanya, KSAD diangkat dan dilantik oleh Presiden Republik Indonesia di Istana Negara.

Berikut ini nama-nama KSAD yang lahir di Jawa Tengah:



1. Jenderal TNI (HOR) Goesti Pangeran Harjo Djatikoesoemo

Pria kelahiran Surakarta, 1 Juli 1917 adalah KSAD pertama. Dia menjabat selama setahun sejak 1948-1949. Putra ke-23 dari Susuhunan Pakubuwono X ini merupakan salah satu pahlawan nasional.



GPH Djatikoesoemo memulai karier militernya saat ia mengikuti pendidikan militer pada zaman Belanda yaitu di Corps Opleiding Reserve Officieren (CORO). Selama menjadi prajurit TNI, Djatikoesoemo ikut bertempur melawan penjajah Jepang dan agresi militer Belanda ke II pada 1949.

Sejumlah jabatan strategis pernah diembannya yakni, sebagai Ketua BKR Surakarta, Gubernur Militer Akademi (MA) Yogyakarta, hingga Kepala Staf Angkatan Darat. Dia juga pernah menjadi Dubes RI Luar Biasa dan Berkuasa Penuh pada Kerajaan Maroko (1965-1966). Dubes RI Luar Biasa dan Berkuasa Penuh pada di Perancis dan Kerajaan Spanyol merangkap Kepala Perwakilan Tetap pada UNESCO.



2. Jenderal TN (Purn) Bambang Soegeng

Bambang Soegeng merupakan KSAD kelahiran Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah pada 31 Oktober 1913. Dia tercatat sebagai KSAD ke-3 yang menjabat selama hampir tiga tahun sejak 22 Desember 1952 hingga 8 Mei 1955.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More