Makna dan Kedudukan Pancasila sebagai Dasar Negara

Kamis, 28 September 2023 - 15:18 WIB
Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memiliki arti penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Foto/Dok. SINDOnews
JAKARTA - Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memiliki arti penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila juga menjadi landasan bagi seluruh warga negara Indonesia dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sebagai dasar negara, Pancasila mengajarkan nilai-nilai luhur yang harus dipegang teguh oleh seluruh masyarakat Indonesia. Dalam Pancasila terkandung nilai-nilai seperti keadilan sosial, persatuan, kesatuan, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam perwakilan.



Oleh karena itu, Pancasila harus dijadikan sebagai pedoman dalam kehidupan agar dapat mencapai tujuan bersama. Adapun makna dan kedudukan dari Pancasila sebagai dasar negara adalah sebagai berikut.

Makna Pancasila sebagai Dasar Negara





1. Sebagai Dasar dalam Menata Negara yang Merdeka dan Berdaulat



Pancasila merupakan hasil dari semangat perjuangan rakyat Indonesia agar bebas dari penjajahan asing. Pancasila juga mencerminkan semangat nasionalisme dan patriotisme bangsa Indonesia dalam menjaga kemerdekaan dan kedaulatan negara.

2. Sebagai Dasar dalam Mengatur Penyelenggaraan Aparatur Negara yang Berwibawa



Nilai dalam pancasila menuntut agar seluruh penyelenggara negara menjalankan semua tugasnya dengan penuh tanggung jawab. Pancasila juga akan menjamin agar seluruh penyelenggara negara menghormati dan menjunjung tinggi hak manusia dan memberantas korupsi, kolusi, dan nepotisme.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More