Mengukur Dukungan Parpol terhadap Capres 2024

Rabu, 30 Agustus 2023 - 19:31 WIB
Sementara di partai poros Anies (Nasdem, Demokrat, dan PKS), Anies unggul dengan dukungan sebesar 54,2%; Prabowo sebesar 23,1%; dan Ganjar 20,1%. Anies unggul di semua partai koalisinya, dengan dukungan tertinggi ada di PKS (66,0%). Dukungan Nasdem terhadap Anies sebesar 52,4% dan Demokrat sebesar 44,3%.

Dari hasil survei tersebut, maka siapa yang akan memenangkan kontestasi Pilpres 2024? Denny JA kemudian mengutip ucapan John C Green, ilmuwan politik yang mempelajari riwayat partai politik dalam hubungan dengan pemilu presiden.

"Partai politik yang kuat dapat membantu calon presidennya terpilih jika partai itu berhasil memobilisasi pendukungnya," kata Denny JA.

Untuk diketahui, survei LSI Dennya JA dilakukan terhadap 1.200 responden di seluruh Indonesia yang dipilih melalui metode multistage random sampling. Pengumpulan data dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dari 1-8 Agustus 2023. Margin of error survei ini sebesar 2.9%.

Selain survei dengan metode kuantitatif, LSI Denny JA juga memperkaya informasi dan analisa dengan metode kualitatif, seperti analisis media, in-depth interview, expert judgement, dan focus group discussion.
(cip)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More