Jenderal TNI Bintang 3 Muda Masih Aktif Bertugas, Nomor 3 Komandan Upacara 17 Agustus 2014

Kamis, 17 Agustus 2023 - 06:00 WIB
Teguh Pudjo Rumekso saat menjadi komandan upacara 17 Agustus 2014 di Istana Negara. Waktu itu, pangkatnya masih kolonel dan menjabat sebagai PJU Biro Pengamanan Setmilpres. FOTO/TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE SBY
JAKARTA - Sejumlah jenderal bintang 3 yang aktif bertugas di TNI tergolong masih berusia muda. Salah satu di antaranya pernah menjadi komandan upacara 17 Agustus di Istana Negara pada 2014 silam.

Jenderal bintang 3 merupakan istilah untuk pangkat Letjen TNI. Pangkat ini disimbolkan dengan tanda bintang 3 di pundak seragam para perwira tinggi (pati) TNI AD. Letjen satu tingkat di bawah pangkat Jenderal (bintang empat) tapi satu tingkat lebih tinggi dari pangkat Mayor Jenderal/Mayjen (bintang 2) dan dua tingkat lebih tinggi dibanding Brigadir Jenderal/Birgjen (bintang 1).

Kepangkatan jenderal tidak hanya digunakan di TNI AD tapi juga oleh Korps Marinir TNI AL. Sebagai pembeda, dalam pangkatnya disisipkan tulisan (Mar) yang menunjukkan berasal dari Korps Marinir.



Beberapa di antara jenderal bintang 3 yang saat ini aktif bertugas di TNI, ada yang masih tergolong muda usianya. Siapa saja mereka?



Berikut ini jenderal TNI bintang 3 muda yang aktif bertugas:

1. Letjen TNI Maruli Simanjuntak



FOTO/DOK.KOSTRAD

Maruli Simanjutak termasuk jenderal TNI bintang 3 muda yang masih aktif bertugas. Tentara berusia 53 tahun itu kini menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Abituren Akademi Militer (Akmil) 1992 itu menjabat Pangkostrad sejak awal 2022. Penunjukan Maruli sebagai Pangkostrad didasarkan Surat Keputusan (SK) Jabatan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 yang diterbitkan Panglima TNI waktu itu Jenderal TNI Andika Perkasa. Ia menggantikan Dudung Abdurachman yang diangkat menjadi KSAD.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More