Jenderal TNI Pecah Bintang 3 Belum Genap Setahun, Nomor 4 Peraih Adhi Makayasa Akmil 1991

Rabu, 09 Agustus 2023 - 06:00 WIB
Laporan Korps Kenaikan Pangkat Pati TNI AD yang dipimpin KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Rabu (27/4/2022). FOTO ILUSTRASI/TNI AD
JAKARTA - Sejumlah jenderal TNI belum genap setahun pecah bintang 3 atau menyandang pangkat Letnan Jenderal TNI (Letjen TNI). Salah satu di antaranya merupakan peraih Adhi Makayasa sebagai lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) 1991.

Jenderal bintang 3 merupakan istilah untuk pangkat Letjen TNI. Pangkat ini disimbolkan dengan tanda bintang 3 di pundak seragam para perwira tinggi (pati) TNI AD. Letjen lebih rendah dari pangkat Jenderal (bintang empat) tapi lebih tinggi dari pangkat Brigadir Jenderal/Birgjen (bintang 1) dan Mayor Jenderal/Mayjen (bintang 2).

Kepangkatan jenderal tidak hanya digunakan di TNI AD tapi juga oleh Korps Marinir TNI AL. Sebagai pembeda, dalam pangkatnya disisipkan tulisan (Mar) yang menunjukkan berasal dari Korps Marinir.



Lalu siapa saja jenderal TNI yang belum genap setahun pecah bintang 3? Berikut ini daftarnya:



1. Letjen TNI Teguh Muji Angkasa



FOTO/DOK.PUSTERAD

Teguh Muji Angkasa adalah salah satu jenderal TNI yang pecah bintang 3 belum genap setahun. Lulusan Akmil 1989 itu menjabat sebagai Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad) sejak 3 September 2023.

Teguh Muji Angkasa ditunjuk menjadi Danpusterad berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/700/VII/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Berkat penunjukan sebagai Danpusterad, ia mendapat kenaikan pangkat menjadi Letjen TNI.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More