Cinta Jenderal Kopassus Ini Tertambat di Atas Vespa Biru

Minggu, 06 Agustus 2023 - 10:52 WIB
loading...
Cinta Jenderal Kopassus Ini Tertambat di Atas Vespa Biru
Letjen TNI (Purn) Sutiyoso bersama keluarganya. FOTO/REPRO BUKU LOVE STORY: Kisah Cinta Tokoh-Tokoh Terkemuka
A A A
JAKARTA - Tantangan sang komandan membuat perwira Kopassus ini memberanikan diri mengikuti gadis dengan Vespa biru yang melintas di depan mes tentara. Setelah berhasil berkenalan, hati prajurit asal Semarang itu malah tertawan.

"Jangan mengaku perwira saya kalau kau tidak kenal dengan gadis itu," kata Kolonel Dading, Komandan Grup 2 Kopassus/Sandi Yudha Magelang (sekarang di Solo) kepada Komandan Peleton Letnan Dua (Letda) Sutiyoso dikutip dari artikel berjudul Sutiyoso dan Setyorini, Romantisme di Atas Vespa Biru dalam buku Love Story: Kisah Cinta Tokoh-Tokoh Terkemuka terbitan Harian Seputar Indonesia (2009), Minggu (6/8/2023).

Kolonel Dading dan Letda Sutiyoso memang cukup dekat. Meski berstatus atasan dan bawahan, Sutiyoso yang masih bujangan sering menyambangi Dading yang tinggal sendiri di mes tanpa mengikutsertakan keluarganya untuk keperluan tugas militer atau sekadar berbincang dan bergurau. Keduanya sama-sama pecinta motor gede Harley Davidson.

"Itu, itu, ayo kejar, ayo kejar," kata Dading suatu sore di bawah pohon mahoni di halaman mes Dan Grup 2 Kopassus yang melihat gadis mengendarai Vespa biru melintas.



Tanpa pikir panjang, Sutiyoso langsung bergegas naik Harley milik Kolonel Dading dan mengejar gadis Vespa biru. Saat itu lalu lintas kendaraan tidak begitu padat sehingga mudah saja bagi Sutiyoso mengikuti sang gadis sampai rumahnya.

Sutiyoso turun dari motor Harley pinjaman tanpa mematikan mesinnya karena takut sulit dinyalakan lagi. Prajurit kelahiran 6 Desember 1944 itu lalu memberanikan diri memencet bel rumah untuk bertamu. Namun yang keluar ternyata seorang ibu. Dengan basa-basi, Sutiyoso memperkenalkan diri sebagai perwira Kopassus. Beruntung sebagian besar masyarakat Magelang sudah familier dengan taruna-tarunan Akademi Militer (Akmil) ataupun perwira Grup 2 Kopassus.

"Saya berusaha mengakrabkan diri. Bertanya-tanya mengenai keluarga dan anak-anak si ibu," kenang Sutiyoso yang kelak menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta (1997-2007).

Si ibu kemudian mengenalkan satu per satu anak-anaknya. Namun Sutiyoso kebingungan siapa yang baru naik Vespa biru tadi. Setelah mencocokan satu sama lain dengan foto yang terpampang di dinding rumah, ternyata masih ada gadis yang belum keluar ruangan. Lalu dipanggillah gadis itu keluar. Namanya Setyorini.

Setelah berhasil berkenalan, Sutiyoso pamit dan kembali ke mes Kolonel Dading. Ia pun menceritakan pengalamannya mengejar gadis Vespa biru. Tepukan bangga dari Komandan Grup 2 diterima Sutiyoso di bahunya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)