7 Jenderal TNI Asal Sumatera Selatan, Nomor Terakhir Berulang Tahun di Hari Kartini

Rabu, 14 Juni 2023 - 09:19 WIB
Salah satu jenderal TNI tersebut adalah Ryamizard Ryacudu, orang yang dianggap kepercayaan Megawati Soekarnoputri dan menjabat sebagai menhan di periode pertama Presiden Jokowi. Foto/tni.mil.id
JAKARTA - Sejumlah jenderal TNI yang berkarier moncer berasal dari Sumatera Selatan. Satu di antara mereka bahkan berhasil meraih jenderal penuh alias bintang empat dan dipercaya Jokowi menjabat sebagai menteri.

Para Jenderal TNI Kelahiran Sumatera Selatan

Berikut ini tujuh jenderal TNI kelahiran Sumetera Selatan yang berkarier moncer:

1. Burhanudin Amin



Foto/wikipedia

Burhanudin Amin juga merupakan salah satu perwira tinggi TNI yang berasal dari Sumatera Selatan. Dia lahir di Pendopo, Kabupaten Empat Lawang pada November 1952.



Selama aktif di militer, Burhanudin pernah menduduki beberapa jabatan strategis TNI. Dia tercatat pernah menjadi Kasdam IX/Udayana pada kurun 2005-2006; Wairjenad pada 2006-2008; dan Pangdam I/Bukit Barisan pada 2008-2010.

Pada 2010 itu Burhanudin mendapatkan promosi satu bintang menjadi letnan jenderal sebagai pangkostrad, sebelum akhirnya pensiun di tahun yang sama. Dia menjabat pangkostrad pada 17 Februari 2010 hingga 30 September 2010, menggantikan Jenderal TNI George Toisutta.

2. Syahrir MS



Foto/wikipedia
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More