Perjalanan Karier Politik Ganjar Pranowo, dari Anggota DPR sampai Gubernur Jawa Tengah

Sabtu, 15 April 2023 - 08:13 WIB
Ganjar Pranowo merupakan Gubernur Jawa Tengah yang belakangan ini mendapat elektabilitas tertinggi sebagai capres 2024 . Foto DOK ist
JAKARTA - Ganjar Pranowo merupakan Gubernur Jawa Tengah yang belakangan ini mendapat elektabilitas tertinggi sebagai capres 2024 berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Posisinya mengalahkan Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Elektabilitas tinggi yang didapat Ganjar ini tak lepas dari peran kepemimpinannya di Jawa Tengah. Dia dianggap merakyat dan adaptif dengan perkembangan teknologi.

Sebelum menduduki posisi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar terlebih dahulu menjalani karier politiknya di Senayan, sebagai anggota DPR RI dan pernah juga duduk di kursi MPR.



Karier Politik Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo memulai karier politiknya dengan menjadi simpatisan PDI, hingga pada zaman orde baru dirinya mulai bergabung dengan PDIP di bawah kepemimpinan Megawati Soekarnoputri.



Menjadi kader PDIP, Ganjar telah banyak mencicipi berbagai peran di dunia politik Indonesia. Berikut perjalanan kariernya yang dilansir dari laman resmi Provinsi Jawa Tengah.

1. Anggota Komisi IV DPR RI

Pada Pemilu 2004, Ganjar yang disokong PDIP berhasil untuk merebut kursi DPR. Dia ditugaskan sebagai Anggota Komisi IV DPR RI Bidang Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, dan Pangan, hingga tahun 2009.

2. Ketua Pansus Ruu tentang Partai Politik di DPR RI

Jabatan Ketua Panitia Khusus Rancangan Undang-undang terkait Partai Politik di DPR sempat dijabat Ganjar ketika masih bertugas sebagai Anggota Komisi IV DPR, tepatnya pada tahun 2007 sampai 2009.

3. Ketua Pansus tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD di DPR RI

Pada tahun yang sama 2007-2009, kader PDIP ini juga menjabat sebagai Ketua Panitia Khusus tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD di DPR RI.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More