11 Mantan Pangdam Jayakarta yang Sukses Melenggang Menjadi Pangkostrad, 7 di Antaranya Jenderal Bintang Empat

Kamis, 30 Maret 2023 - 15:14 WIB
Terdapat sejumlah mantan Pangdam Jayakarta yang sukses melenggang menjadi Pangkostrad. Foto DOK ist
JAKARTA - Terdapat sejumlah mantan Pangdam Jayakarta yang sukses melenggang menjadi Pangkostrad . Dari sekian nama, banyak di antaranya yang telah menyandang pangkat bintang 4 di penghujung karier militernya.

Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) merupakan bagian dari Komando Utama tempur yang dimiliki TNI AD. Pada statusnya, mereka dipimpin oleh seorang panglima yang lebih dikenal sebagai Panglima Kostrad.

Dalam riwayatnya, telah banyak perwira tinggi TNI yang pernah menyemat jabatan ini. Beberapa di antaranya juga diketahui menjadi mantan Pangdam Jayakarta.



Mantan Pangdam Jaya yang Melenggang Jadi Pangkostrad

Berikut sebelas mantan Pangdam Jayakarta yang sukses melenggang menjadi Pangkostrad.



1. Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Jenderal TNI Dudung Abdurachman merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Saat ini, dia tercatat tengah mengemban tugas sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD).

Dalam perjalanan kariernya, alumni Akademi Militer (Akmil) 1988 ini telah banyak menempati jabatan penting di militer. Dari sekian banyak, di antaranya adalah Pangdam Jaya dan Pangkostrad.

Posisi Panglima Kodam Jayakarta ditempatinya pada periode 2020-2021. Setelahnya, barulah Dudung menjabat Panglima Kostrad, tepat sebelum dia ditunjuk sebagai KSAD.

2. Letjen TNI Eko Margiyono

Letjen TNI Eko Margiyono adalah lulusan Akademi Militer (Akmil) 1989 dari kecabangan Infanteri (Kopassus). Saat ini, dia tengah menjabat Komandan Kodiklat (Dankodiklat) TNI.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More