Megawati Tugasi Sekjen PDIP Ziarah ke Makam Bung Karno, Ada Apa?

Minggu, 19 Maret 2023 - 22:51 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto melakukan ziarah ke makam Proklamator RI Soekarno di Kota Blitar, Jawa Timur, Minggu (19/3/2023). FOTO/IST
JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kristiyanto melakukan ziarah ke makam Proklamator RI Soekarno di Kota Blitar, Jawa Timur, Minggu (19/3/2023). Ziarah kubur ini merupakan salah satu tugas yang diberikan Ketua Umum PDIP Megawati Soerkarnoputri.

Hasto menuju ke makam Bung Karno di Blitar usai memberi pengarahan dalam rapat koordinasi teknis (rakornis yang digelar DPD PDIP Jawa Timur di Kota Surabaya, Jatim, Minggu (19/3/2023). Lebih dari dua jam waktu tempuh dari Surabaya ke Blitar. Hasto didampingi Bupati Trenggalek Moch Nur Arifin dan istri, Novita Hardini serta Ketua Taruna Merah Putih Kota Surabaya Aryo Seno Bagaskoro.

"Di tengah konsolidasi di Jawa Timur dan menjelang bulan Ramadan, Ibu Megawati Soekarnoputri menugaskan saya dalam ziarah ini," kata Hasto. Namun, doktor Universitas Pertahanan (Unhan) itu tak menjelaskan lebih lanjut pernyataannya.

Baca juga: Menangkan Pemilu 2024, PDIP Gelar Rakornis di Jawa Timur

Saat tiba, hujan turun rintik-rintik. Hasto dan rombongan disambut oleh penjaga makam, Kahfi Annezar dan sejumlah pengurus DPC PDIP Kota Blitar. Dilanjutkan doa yang dipimpin Juni Purnomo, dimulai dengan pembacaan Al Fatihah.



Hasto tampak khusyuk berdoa. Selepas itu, dia menabur bunga di pusara Bung Karno, diikuti rombongan. Politikus asal Yogyakarta itu juga berdoa di makam R Soekeni Sosrodihardjo dan Ny Ida Ayu Nyoman Rai yang merupakan orang tua, yang mengapit makam Bung Karno.

Untuk diketahui, selama ini, di momen-momen penting, Megawati kerap melakukan nyekar ke makam Bung Karno, termasuk menjelang penentuan calon presiden yang akan diusung PDIP. Namun, Hasto tidak menjelaskan apakah ada kaitan nyekar ini dengan pertemuan empat mata antara Megawati dan Presiden Jokowi. Hasto menyebutkan dialog kedua tokoh membahas berbagai hal termasuk pelaksanaan Pemilu 2024.

"Selama ini ziarah dilakukan Ibu Megawati secara langsung tapi dalam beberapa kesempatan beliau mengirim utusan berupa penugasan untuk melaksanakan ziarah tersebut," katanya.

Selepas berdoa, hujan reda. Sebelum berpamitan, Hasto memberi masukan agar beberapa lampu yang mati segera diganti dan batu nisan Bung Karno dibersihkan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(abd)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More