Prakiraan Cuaca BMKG, Sebagian Besar Wilayah Indonesia Bakal Diguyur Hujan

Selasa, 14 Maret 2023 - 02:56 WIB
BMKG memprakirakan, cuaca di 34 kota besar di Indonesia akan diguyur hujan pada Selasa (14/3/2023). Foto/Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) memprakirakan cuaca di 34 kota besar di Indonesia akan diguyur hujan pada Selasa (14/3/2023). Hal ini disebabkan adanya liabilitas udara lokal yang cukup kuat dan mampu mendukung pertumbuhan awan hujan.

Prakirawan BMKG , Maria Klaudiana Djiling mengatakan, prakiraan hujan ini meski ada faktor dinamika atmosfer berupa dorongan udara kering atau dry intrusion, yang mengangkat masa udara menjadi lebih hangat dan lembab

"Pusat tekanan rendah terpantau di Samudra Pasifik Timur Filipina yang menginduksi peningkatan kecepatan angin lebih besar dari 25 knot atau disebut low level jet yang memanjang di Samudra Pasifik Timur Filipina," kata Maria Klaudiana di media sosial (medsos) Info BMKG, yang dikutip Senin (13/3/2023) malam.

"Kemudian daerah perlambatan kecepatan angin atau konvergensi di Laut Jawa, Selat Makassar, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan di perairan Maluku Utara. Daerah konvergensi lain juga terpantau memanjang di Kalimantan Utara hingga Kalimantan Timur, dan dari Papua Barat hingga Papua," tambahnya.

Baca juga: BMKG Sebut Perubahan Iklim Makin Mengkhawatirkan



Aktivitas pertumbuhan awan hujan ini kata Klaudia, bersifat lokal atau tidak merata terdapat di sebagian besar wilayah Sumatera, kemudian Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, di sebagian besar wilayah Kalimantan dan Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Klaudia menjelaskan, faktor dinamika atmosfer dunia adalah dorongan udara kering atau dry intrusion yang mampu mengangkat masa udara di depannya menjadi lebih hangat dan lembab, terjadi di sebagian Kalimantan dan Sumatera.

"Wilayah-wilayah yang kami sebutkan tadi perlu diwaspadai, karena berpotensi mengalami peningkatan pertumbuhan awan hujan dan untuk wilayah perairan berpotensi terjadi peningkatan tinggi gelombang laut. Karena itu kami imbau kepada sobat BMKG untuk selalu berwaspada jika beraktivitas di luar rumah atau menghindari aktivitas di wilayah perairan tersebut," imbaunya.

Terkait prakiraan cuaca di 34 kota besar di Indonesia, Klaudia menguraikan, di Pulau Sumatera, Kota Bandar Lampung berpotensi hujan ringan dan Pangkalpinang berpotensi hujan sedang, perlu diwaspadai hujan petir yang diperkirakan terjadi di kota Palembang. Potensi hujan ringan juga diperkirakan terjadi di kota Bengkulu dan kota Padang, sedangkan kota Jambi umumnya kondisi cuaca berkabut.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More