Kemhan Ajak Masyarakat Wujudkan Ketahanan dan Kemandirian Pangan

Kamis, 09 Februari 2023 - 14:00 WIB
Penasihan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemhan Metty M. Herindra mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan perkarangan demi mewujudkan ketahanan pangan. Foto/Humas Setjen Kemhan
JAKARTA - Kementerian Pertahanan ( Kemhan ) mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan perkarangan sebagai sumber pangan. Hal itu penting dalam mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ajakan itu terungkap dalam webinar Ketahanan Pangan bertajuk “Sosialisasi Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dan Konsumsi Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) menuju Indonesia Hijau dan Sehat” yang digelar di Aula Kejuangan, Kemhan, Jakarta Pusat.

Webinar yang diselenggarakan Bidang V Indonesia Hijau OASE dan Kabinet Indonesia Maju (KIM) ini terwujud atas kerja sama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK).

Ketua Bidang V Indonesia Hijau Oase-KIM Ayun Sri Syahrul Yasin mengatakan, webinar ini sangat penting untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber pangan dan menjaga kecukupan gizi keluarga, serta meningkatkan pendapatan keluarga.





“Peserta diharapkan secara optimal mendukung kemandirian pangan, serta dapat mengimplementasikan di daerah masing-masing. P2L ini diharapkan dapat terus berkembang untuk mewujudkan kemandirian pangan dan masyarakat,” ujarnya, Kamis (/9/2023).

Senada, Ketua Umum OASE-KIM dan Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian mengatakan ketahanan pangan merupakan program pemerintah yang menitikberatkan pada kondisi terpenuhinya pangan bagi setiap masyarakat. Keterpenuhan pangan tercermin dari tersedianya pangan yang cukup secara kuantitas dan kualitas serta, aman, merata dan terjangkau.



”Optimalisasi ketahanan pangan, dapat dimulai dari keluarga melalui pemanfaatan lahan pekarangan terbatas untuk memenuhi kebutuhan setiap rumah tangga Indonesia,” katanya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More